SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

Yuk Cari Tahu Penyebab Mata Panda dan Cara Mengatasinya

Jangan sepelekan masala mata panda.

0 21
Mata panda atau kantung mata sering kali menjadi masalah yang menjengkelkan bagi perempuan. Mata panda yang merupakan lingkaran hitam di sekitar mata menyebabkan wajah terlihat lelah dan lesu sehingga sangat mengganggu penampilan. Penampilan akan semakin berkurang jika mata panda disertai dengan bengkak ringan hingga kulit bawah mata yang kendur dan keriput.
Untuk menghilangkan mata panda dengan efektif, ada baiknya kita mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan timbulnya mata panda. Seringkali masyarakat menganggap bahwa pemicu adanya mata panda karena faktor usia dan kelelahan. Namun, ternyata ada faktor lain yang dapat memicu timbulnya mata panda, yaitu :
• Faktor keturunan
Keturunan merupakan kemungkinan terbesar yang memicu timbulnya mata panda. Orang tua yang memiliki mata panda akan menurunkan sifat gen yang sama kepada anaknya. Contoh penyebab mata panda adalah ketika seseorang memiliki bentuk tulang yang menonjol dan minim lemak di area mata, hal itulah yang dapat memicu munculnya mata panda. Kedua faktor tadi sangat mungkin diturunkan kepada anak.

 

Kurang tidur
Kurang tidur menyebabkan pembuluh darah di bawah area mata melebar sehingga warnanya menjadi gelap.

 

Photo by Acharaporn Kamornboonyarush from Pexels
• Gaya hidup tidak sehat
Buruknya gaya hidup dapat berperan pada penampilan kulit jangka panjang. Misalnya saja, kebiasaan minum air putih. Air putih sangat bagus untuk melancarkan aliran darah. Jika pasokan air putih di dalam tubuh kurang maka pembuluh darah akan terganggu, termasuk pembuluh pada bagian bawah mata. Selain itu, rutin berolahraga juga dapat menjadikan sirkulasi darah lebih bagus sehingga darah tidak berkumpul di daerah bawah mata.
• Gejala flu
Saat kita sedang flu, biasanya lingkaran hitam di bawah mata akan lebih terlihat. Flu dan penyakit lain yang memiliki hubungan dengan saluran pernapasan ternyata bisa menyebabkan penumpukan cairan di bawah mata sehingga kantung mata dan lingkaran hitam akan muncul.
• Melakukan diet yang salah
Jika Anda melakukan diet yang asal-asalan hingga membuat kehilangan berat badan secara tiba-tiba maka hal itu dapat membuat kulit mengendur. Apalagi jika diet itu tidak dibarengi dengan olahraga yang teratur maka hal itu dapat menyebabkan kulit menjadi kendur karena lemak yang sebelumnya mengisi hilang. Oleh karena itu, diet yang benar dan dibarengi olahraga adalah hal yang tepat untuk mempercantik penampilan.
Untuk menghilangkan kantung mata secara alami ada beberapa cara yang dapat dilakukan, di antaranya :
1. Menggunakan sendok makan yang didinginkan
Dinginkan dua sendok makan berbahan stainless yang akan digunakan dengan cara dimasukan freezer atau direndam dengan es batu. Setelah sendok dingin tempelkan bagian cembung sendok ke daerah mata. Suhu dingin pada sendok berfungsi mengempiskan pembengkakan di bawah mata.
2. Menggunakan minyak zaitun
Photo by Roberta Sorge on Unsplash

 

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E yang bermanfaat untuk mengencangkan kulit yang kendur dan mencegah penuaan dini. Sebelum tidur oleskan minyak zaitun pada area mata panda hingga merata, biarkan hingga keesokan harinya lalu cuci bekas minyak zaitun pada esok pagi.
3. Menggunakan masker madu dan timun 
Madu dan timun memiliki khasiat untuk membersihkan dan mencerahkan kulit. Termasuk kulit bawah mata yang menghitam caranya membuat masker madu dan timun adalah dengan membuat jus timun menggunakan blender lalu tambahkan sedikit madu. Setelah itu oleskan pada bagian mata. Dalam kurun waktu tiga minggu Anda akan mata panda akan menghilang. (NP)

Leave A Reply

Your email address will not be published.