SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

Waspadai Kulit Kering di Musim Hujan

Masalah kulit yang tak pernah kita sadari bisa terjadi.

1 42
Memasuki musim penghujan seperti saat ini, tentu bukan hanya tubuh saja yang butuh perhatian khusus, melainkan kesehatan kulit wajah juga menjadi salah satu hal yang harus tetap diperhatikan.
Perubahan cuaca membuat kelembapan kulit berkurang, sehingga kulit Anda cenderung akan lebih kering daripada biasanya. Kulit kering tidak hanya akan menganggu penampilan Anda, namun menyebabkan kulit berisiko gatal-gatal dan iritasi bahkan sampai terkelupas.
Beberapa cara dapat dilakukan agar kulit Anda tetap terjaga kelembapannya selama musim hujan.
1. Tetap gunakan tabir surya
Bukan karens cuaca mendung dan langit yang berawan lantas Anda bisa melupakan sunscreen. Nyatanya cuaca mendung tetap membawa bahaya bagi kulit, terutama sinar UV A dan UV B tetap ada dan bisa mombasa pengaruh negatif bagi kulit wajah. 
Gunakan tabir surya yang mengandung pelembap agar kulit terlindungi dan kelembapannya terjaga.
2. Jangan terlalu lama berendam atau mandi dengan air hangat
Musim hujan rasanya memang paling tepat jika menghabiskan waktu bersantai dengan mandi atau berendam menggunakan air hangat. Namun, ternyata berendam terlalu lama dengan air hangat dapat membuat kulit semakin kering. Untuk itu lebih baik batasi waktu Anda berendam di air hangat, dan jangan lupa pilih sabun yang melembapkan dan pastikan Anda memakai pelembap atau body lotion setelah berendam.
3. Jangan tinggalkan pelembap
Bagi Anda yang sering beraktifitas di luar ruangan, pelembap sangat penting untuk mempertahankan kelembapan kulit. Sebab udara yang dingin dan paparan angin dapat menjadikan kulit kehilangan kelembapannya.
Gunakan pelembap dengan kandungan moisturizer yang lebih tinggi.  Anda dapat menggunakan pelembap 2 kali sehari, yakni di pagi hari sebelum beraktifitas dan malam hari sebelum tidur agar kelembapan kulit Anda senantiasa tetap terjaga.
4. Perhatikan saat membersihkan wajah
Membersihkan wajah memang menjadi salah satu hal terpenting dalam menjaga kesehatan kulit wajah Anda. Namun, membersihkan wajah terlalu sering di musim hujan ditakutkan hanya akan membuat wajah semakin kering.
Cukup bersihkan wajah satu hari sekali untuk mencegah kulit kering, gunakan air saja saat membersihkan wajah jika Anda terbiasa membersihkannya dua kali.
5. Rutin memakai masker wajah
Dengan beragamnya pilihan masker saat ini, tentunya memudahkan Anda memilih masker yang tepat sesuai dengan kondisi wajah Anda. Gunakan masker wajah seminggu atau dua minggu sekali. Dengan menggunakan masker, wajah Anda akan terjaga kelembapannya.
Di samping merawat kulit dari luar seperti beberapa cara di atas, penting juga untuk Anda menjaga asupan kulit dari dalam seperti banyak minum air putih serta mengonsumsi buah-buahan dan sayur- sayuran yang tentunya dapat membantu kulit agar tetap segar, bercahaya dan tetap lembap di musim hujan. (FIA)
1 Comment
  1. Chirson says

    Bagus banget!! Semoga bermanfaat

Leave A Reply

Your email address will not be published.