SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

Waspadai, Ini Bahaya Dari Membawa Ponsel Ketika Tidur

0 12

Aman milineal saat ini, banyak orang yang seolah tidak bisa lepas dari gadget bahkan hingga waktunya tidur sekalipun. Namun, tanpa disadari atau tidak, hal tersebut justru membawa dampak buruk bagi tubuh. Lebih parahnya lagi, dengan membawa ponsel ketika tidur juga akan mengganggu kesehatan Anda.

Berikut dampak negative yang akan ditimbulkan ketika membawa ponsel saat tidur

Pikiran hanya tertuju ke ponsel saja

Terus-menerus mengecek ponsel akan menstimulasi otak sehingga kita terus aktif dan terjaga. Sekalipun yang kita lakukan hanya mengecek ponsel sejenak, otak kita akan tetap terlibat. Hal yang membuat kebiasaan ini semakin buruk adalah perasaan harus online dan terkoneksi dengan internet terus-menerus. Tanpa disadari ponsel akan memaksa orang untuk terus online, bahkan ketika tidur. Sebab, ada kecenderungan orang-orang langsung mengangkat telepon, merespons segera, atau mengunggah sesuatu dengan segera

Menurunkan level melatonin

Sinar biru yang dipancarkan dari layar ponsel kita tidak hanya buruk untuk pengelihatan, tapi juga untuk otak karena adanyna korelasi antara penurunan level melanin dan paparan sinar biru. Melatonin adalah hormon yang berfungsi untuk mengontrol siklus bangun dan tidur seseorang. Jadi, ketika tubuh kekurangan melatonin, kita akan lebih berisiko mengalami insomnia, kelelahan sepanjang hari, dan mudah terganggu.

Penundaan fase REM

Saat melihat-lihat lini masa media sosial, kemudian tiba-tiba kesal karena melihat sesuatu yang tidak diinginkan. Atau, bahkan merasa bahagia karena terpacu oleh unggahan seseorang di media sosial dan itu membuatmu tidur semakin larut. Kondisi ini bisa menunda fase rapid eye movement (REM) atau tahap di mana otak maksimal dalam mengolah data dan ingatan, yang kadang muncul sebagai mimpi. Terus menerus mengecek ponsel sebelum tidur bisa mengganggu emosi dan pikiran seseorang serta menimbulkan kecemasan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.