SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

Waspada! Produk Kecantikan Ini Tak Boleh Dipakai Sharing

Minimalisir Transfer Bakteri

0 8

Make-up sudah menjadi produk kecantikan andalan bagi setiap perempuan. Namun, dalam penggunaannya terkadang ada suatu saat dimana make-up dipakai secara bergantian dengan orang lain. Misalnya ketika teman atau anggota keluarga meminjam alat make-up, atau ketika didandani bersama-sama dengan orang lain dalam satu acara. Tapi taukah Anda, bahwa berbagi alat make-up atau produk kecantikan dapat membahayakan kesehatan kulit? Saling meminjam atau berbagi makeup dapat menyebarkan infeksi kulit sehingga akan membuat kulit Anda menjadi tak sehat.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, ada beberapa produk make-up yang sebaiknya tidak dipakai bersama-sama.

Eyeliner

dok.freepik

Mata adalah area yang mudah sekali sensitif dan mengalami infeksi. Jadi pastikan untuk tidak sharing eyeliner bersama orang lain untuk meminimalisir perpindahan bakteri yang akan mengganggu kesehatan mata Anda.

Maskara

dok. freepik

Sama seperti eyeliner, maskara juga merupakan produk make-up yang rentan terhadap perpindahan bakteri. Jadi pastikan untuk tidak meminjam dan meminjamkan maskara Anda kepada orang lain ya #scarflover!

Kuas, Sponge, dan Beauty Blender

dok. freepik

Aplikator make-up  adalah tempat berkumpulnya bakteri yang berasal dari wajah. Oleh karena itu, kebiasaan bertukar kuas atau sponge make-up akan meningkatkan risiko perpindahan bakteri sehingga kulit wajah akan rentan terkena iritasi atau bahkan infeksi. Selalu gunakan aplikator mak-up milik Anda sendiri agar kesehatan kulit selalu terjaga.

Lipstik

dok. freepik

Bertukar lipstik menjadi kebiasaan umum yang sering dilakukan perempuan. Namun, saat menggunakan lipstik bergantian, sejumlah bakteri akan berpindah dan dapat menimbulkan risiko penyakit berbahaya seperti herpes. Selain lipstik, produk untuk bibir lainnya seperti lipbalm atau lipgloss juga tak boleh digunakan bersama dengan orang lain. Tekstur lipgloss yang cenderung lengket akan memudahkan berbagai macam residu asing menempel pada lipgloss. Sehingga lipgloss menjadi tempat yang tepat untuk perkembangbiakan virus dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan bibir Anda.

Produk dalam Kemasan Jar

dok. freepik

Jika Anda memiliki produk kemasan dalam jar, dan terbiasa mengambil produk tersebut dengan jari Anda maka sebaiknya jangan meminjamkan produk tersebut kepada orang lain, begitu pula sebaliknya. Karena sudah dipastikan produk tersebut mengandung banyak bakteri yang berasal dari jari. Jadi, ada baiknya Anda lebih menjaga kesehatan kulit dengan cara tidak saling berbagi produk dalam kemasan jar dan selalu menjaga kebersihan produk Anda. Gunakanlah spatula khusus produk kecantikan untuk mengambil produk dalam kemasan jar sehingga perpindahan bakteri dari jari dapat diminimalisir. (NP)

Leave A Reply

Your email address will not be published.