SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

Trend Minuman Mahal Saffron Hingga Khasiatnya

minuman teh yang terbuat dari putik bunga

0 10

Scarlover tahu apa itu Saffron? Saffron atau kuma-kuma adalah salah satu rempah yang disebut sebagai minuman termahal di dunia, minuman ini berasal dari bunga Crocus Sativus.

Harga jual putik sari bunga Crocus Sativus bisa mencapai ratusan juta rupiah per kg. Tidak semua tempat dapat panen kuma-kuma dan bunga ini hanya dapat dijumpai di kawasan Timur Tengah, india dan spanyol.

Sumber: Fatkhurro image

Harganya yang mahal ini akibat perawatan , penanaman yang sulit dan masa panen yang sangat singkat. Namun, tahukah scarflove dibalik harganya yang fantastis, ternyata saffron ini banyak sekali khasiatnya.

Sumber: oingboing.net

Khasiat saffron adalah sebagai anti oksidan, anti depresan, melindungi sel otak terhadap kerusakan progresif, mengurangi peradangan, mengontrol nafsu makan, meredakan stress, insomnia, hingga meredakan nyeri haid.

Proses pengelolaan saffron hingga bisa di konsumsi memakan waktu dan energi yang tak sedikit. Untuk memproduksi  500 gram saffron diperlukan hingga 70.000 bunga. Setiap bunga dikumpulkan dengan hati-hati menggunakan tangan lalu di keringkan.

Sumber: dissolve.com

Menyeduhnya cukup mudah, scarflover hanya perlu 500ml air lalu masukan 3-5 helai putik saffron. Kemudian scarflover dapat meminumnya jika sudah berubah kekuningan. Mutu saffron ditentukan berdasarkan kadar crocin(warna), picrocrocin(aroma).

Sudah banyak tokoh terkenal yang memberikan testimoni dan hal ini membuat Saffron menjadi minuman trend 2019 dengan berbagai manfaat karena senyawa yang tergolong karetenoid atau vitamin A.

Sumber: onlinegram.xyz

Crocin merupakan pigmen karotenoid yang memberi warna merah pada saffron. Semakin banyak kandungan crocin pada saffron itu akan semakin bagus.

Ramuan herbal seperti saffron dianjurkan demi mengurangi penggunaan bahan bahan kimia. Maka dari itu, Scarf media memerikan rekomendasi ini untuk scarflover. Selamat mencoba!

(Penulis: ZK)

Leave A Reply

Your email address will not be published.