SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

Setelah Sahur Langsung Tidur, Sehatkah ?

0 5

Selama bulan Ramadan tiba siklus tidur dan makan sedikit berubah. Harus bangun tengah malam untuk menuaikan sahur dan harus berkativitas pada pagi harinya. Rasa kantuk dan kelelahan membuat kita akan tertidur kembali setelah sahur, menjadikan itu sebagai suatu kebiasaan.

Kebiasaan ini jangan dijadikan sebuah hal yang sepele, karena tidur setelah sahur akan menyebabkan beberapa penyakit yang dapat mengganggu kesehatan :

1. Heartburn

Heartburn adalah sensasi perih atau panas pada dada, disebabkan oleh produksi asam lambung yang berlebihan, yang menyebar dari lambung naik ke tenggorokan atau dada. Asam lambung yang naik menyebabkan sendawa dan terasa asam di mulut.

2. Merusak Liver

Pada saat tidur metabolisme tubuh menurun, seperti usus dan lambung menjadi lambat dalam mencerna makanan. Sehingga makanan tidak tercerna sempurna menyebabkan bakteri di lambung menjadi lebih dominan. Bakteri inilah yang menghasilkan zam asam nirit yang berbahaya untuk liver.

3. Stroke

Ada beberapa teori yang menyebutkan bahaya sahur setelah tidur akan menyebabkan stroke. Stroke terjadi karena adanya asam lambung yang berhubungan dengan sleep apnea. Sleep apnea itu gangguan tidur yang dengan ciri – ciri pernafasan yang tidak teratur, mendengkur dengan suara yang keras, dan masih merasa lelah walaupun sudah tidur lama. Ada juga teori lain yang bilang bahwa sistem pencernaan yang tidak lancar, mempengaruhi tekanan darah, dan kadar gula yang meningkat.

4. Diabetes

Tidur setelah sahur dapat menyebabkan gula darah naik pada pagi hari, tapi jika kita tidak makan apapun sebelum tidur juga dapat menyebabkan gula darah turun (hipoglikemia)

Untuk mencegah gula darah naik harus makan – makanan yang mengandung protein seperti telur, susu, daging, ikan atau makan – makanan yang mengandung sumber kabrohidrat yang akan kaya serat seperti gandum, beras merah, nasi jagung, singkong, dan kentang.

Pencegahan

Penyakit diatas dapat kita cegah dengan cara menunggu makanan turun setelah makan selama 1-2 jam dengan posisi badan tegak dan jangan berbaring pada saat perut masih penuh dengan makanan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.