SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

Pentingnya Menulis Untuk Berwirausaha

Karena menjual produk saja tidak cukup, tapi Anda harus bisa memaparkannya lewat tulisan.

0 56

Dunia wirausaha telah menjadi tren yang banyak dipilih generasi muda saat ini. Tentunya menambah pemasukan menjadi salah satu alasan terkuat banyak generasi muda yang mulai mencoba terjun dalam dunia wirausaha. Melihat kebutuhan para generasi muda dalam mencari inspirasi dan menjalankan wirausaha, Kopi ABC bersama Scarf Media kemudian menggagas acara Ngampus Seru yang  hadir di Fakultas Psikologi dan Fakultas Komunikasi, Universitas Pancasila pada Rabu (21/11) lalu. 

Qonita Al Jundiah mengisi workshop Ngampus Seru di Universitas Pancasila

 

Temi Sumarlin mengisi workshop Ngampus Seru di Universitas Pancasila

 

Dalam acara tersebut, digelar entrepreneurship workshop dan live acoustic yang bisa diikuti sembari menikmati kopi yang disediakan olen Kopi ABC. Para narasumber yang hadir adalah Qonitah Al Jundiah seorang content creator hijab, Nadila Fitria seorang presenter TV, dan Temi Sumarlin selaku CEO dari Scarf Media yang memberikan paparan mengenai Menulis untuk Menunjang Kewirausahaan

Ada beberapa hal yang bisa diambil dari paparan Temi mengenai pentingnya menulis untuk sebuah usaha mandiri. Setelah menghetahui ide dan target pasar bisnis Anda tentunya, kemampuan menulis juga menjadi hal yang penting dalam memulai usaha Anda. Melalui tulisan, secara tak sadar seorang komunikator dapat mempengaruhi alam bawah sadar seorang komunikan sehingga dapat mengubah pemikiran atau persepsinya.

Maka dari itu, penting bagi Anda mengetahui tips menulis seperti apa yang dibutuhkan untuk menunjang kewirausahaan. 

1. Perhatikan Diksi dalam Menulis Caption

Diksi atau pemilihan kata yang tepat dan selaras dalam penggunaannya demi menunjang usaha Anda untuk menyampaikan gagasan dan dapat memberikan efek yang sesuai dengan tujuannya yaitu menunjang kewirausahaan. Pilih kata yang paling tepat dan tidak bertele-tele dalam menulis caption agar pembaca paham betul maksud dari caption yang telah Anda tulis. 

Booth Kopi ABC di Ngampus Seru Universitas Pancasila
Photo Booth di Ngampus Seru Universitas Pancasila

 

 

2. Tulis Caption Semenarik Mungkin

Selain pemilihan kata yang tepat, penulisan caption semenarik mungkin juga merupakan salah satu hal yang penting dalam menulis untuk menunjang usaha Anda. Penjual dapat mempengaruhi calon pembeli dengan memberikan tulisan yang sesuai dan menarik bagi target pembeli atau audiens. 

3. Tulislah Secara Detail

Tak jukup hanya dengan caption yang catchy, terakhir yang perlu diperhatikan dalam menulis caption ialah penulisan secara detail. Perlunya penulisan secara detail ini dimaksudkan untuk menghindari kekecewaan di kemudian hari dari pelanggan karena kurang detailnya Anda dalam menulis caption. 

Detail yang dimaksud disini ialah penulisan keterangan secara rinci terhadap produk yang Anda pasarkan. Sebagai contoh Anda berjualan hijab, tulis secara detail bahan, ukuran, serta warna pada caption foto. Dengan itu, pelanggan mengetahui persis seperti apa produk yang Anda jual. Penulisan secara detail juga dapat menghindari risiko jual beli seperti penukaran barang atau pengembalian uang karena kurang puasnya pelanggan terhadap produk Anda. (FIA)

Leave A Reply

Your email address will not be published.