SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

Palembang, Kota Pempek Dengan Destinasi Wisata Yang Memukau

menjelajahi warna - warni kota hingga wisata alam yang memukau

0 34

Kota yang pernah menjadi tuan rumah Asian Games 2018 ini mempunyai tempat – tempat wisata yang bisa dijelajahi oleh Scarflover. Mulai dari destinasi wisata perkotaan sampai wisata alam yang menarik dan ikonik di Palembang yang bisa dinikmati oleh wisatawan, baik lokal mau pun mancanegara.

1.Punti Kayu

sumber: idntimes.com

Wisata alam Punti kayu meruapakan destinasi wisata hutan pinus yang letaknya tidak terlalu jauh dari kota Palembang yaitu di jl. Kol. Burlian. Dengan luas 50 hektar tempat wisata ini memiliki lahan pohon pinus yang menjulang dan berbagai area lain dengan aneka replika icon negara lain, margasatwa, aneka wahana, dan waterboom.

2. Kampung Arab Al – Munawar

sumber: madaninews.id

Kampung Arab Al Munawar memiliki rumah-rumah tua yang usianya hingga mencapai 300 tahun dan masih kokoh. Yang membuat rumah-rumah di kampung Al Munawar terbuat dari kayu dan batu yang didatangkan langsung dari Eropa. Terdapat 8 dari 17 rumah tua di kampung ini yang masuk ke dalam cagar budaya. Tidak hanya rumah – rumah tua saja, tapi di kampung ini terdapat lorong-lorong yang sudah ditata cantik menambah kesan kota tua menjadi amat kental, serta dapat dijadikan untuk spot berfoto favorit.

3. Pulau Kemaro

sumber: pesona.travel.com

Pulau kecil yang terletak di Sungai Musi, terletak sekitar 6 km dari Jembatan Ampera. Pulau Kemaro terletak di daerah industri, yaitu di antara Pabrik Pupuk Sriwijaya dan Pertamina Plaju dan Sungai Gerong. Pulau yang mempunyai pagoda berlantai 9 ini dibangun pada 2006 itu, daya tarik lain Pulau Kemaro adalah Klenteng Hok Tjing Rio atau lebih dikenal Klenteng Kuan Im yang dibangun pada 1962. Di depan Klenteng inilah terdapat makam saudagar Tiongkok Tan Bun An dan Siti Fatimah melegenda. Kisah cinta mereka berdua inilah yang konon membuat Pulau Kemaro terbentuk.

4. Al-Quran Al-Akbar, Gambus

sumber: bagindorentcar.com

Al-Quran terbesar terdapat ini berlokasi di Jl. Moh. Amin, Gandus. Al- Quran yang telah dinobatkan oleh MURI ini menghabiskan kurang lebih 40 meter kubik Kayu Tembesu dan memiliki tinggi hingga 15 meter dan lebar 8 meter. Mempunyai 315 papan kayu dengan ayat Al-Quran didalamnya dengan bentuk pahatan

5. Jembatan Ampera

sumber: bisniswisata.co.id

Jembatan Ampera merupakan, jemabatan icon kota Palembang. Memiliki panjang 1.117 meter dengan lebar 22 meter, maka Jembatan Ampera sempat menjadi jembatan terpanjang di Asia Tenggara. Scarflover dapat menikmati suasana di Jembatan Ampera mulai dari pinggiran sungai Musi, menikmati minum di kafe yang ada di sana, dan jalan – jalan menggunakan perahu disekitar sungai.

(Penulis: DP)

Leave A Reply

Your email address will not be published.