SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

Muslim Street Food in Jakarta

menjelajahi makanan halal Jakarta

0 16

Makanan halal di Indonesia khususnya Ibukota Jakarta terbilang sangat mudah ditemukan. Negara Indonesia ini terkenal dengan kekayaan budayanya serta merupakan salah satu negara yang memiliki popularitas Muslim terbesar di Dunia. Survei yang dilakukan oleh Lembaga Penelitian Konsumen, Indonesia salah satu negara yang masyarakatnya lebih menyukai jajan atau membeli makanan diluar rumah dibandingkan dengan masak sendiri. Berikut Scarf Media akan memberikan list Muslim Street Food yang ada di Jakarta.

  1. Makanan Padang di Bopet Mini Behhil
Sumber : Youtube.com

Tempat makan ini menyajikan makanan khas Padang yang sudah berdiri sejak tahun 1981. Tidak hanya menyediakan makanan saja, tetapi menjual makanan ringan oleh-oleh khas Padang, yang sudah buka dari pukul 07.00 pagi sampai 07.00 malam, dan beralamat di Jalan Bendungan Hilir Gang II No.1A, RT 13/RW/01, Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Rumah makan ini terdiri dari dua lantai, dimana lantai pertama berisi etalase yang  menyediakan sate padang, ketupat sayur, dan bubur kampiun serta beberapa meja kursi yang tertata, lalu untuk lantai dua nya lebih luas karena diperuntukkan untuk prasmanan. Rumah makan padang Bopet Mini sudah banyak dijadikan incaran food vlogger, dan banyak dipublikasikan oleh media. Makanan yang menjadi favorit banyak orang salah satunya ialah Bubur Kampiun Bopet Mini.

  1. Nasi Uduk Kota Intan                                                
Sumber : goodinesianfood.com

Nasi Uduk Kota Intan beralamat di Jl. Kyai Haji Samanhudi, Gambir, RT 01/RW 08, Ps Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Keunikan dari warung satu ini ialah mereka menerapkan sistem bagi konsumennya untuk pilih lauk sendiri yang tertata diatas konter kayu panjang, dan penjual hanya memberikan nampan saja yang dijadikan wadah untuk menampung lauk pilihan konsumennya. Kisaran harga untuk Anda yang ingin coba makanan ini sebesar 20 ribu sampai 45 ribu saja. Warung ini  buka setiap hari mulai pukul 17.00 sampai 21.00 malam. Bagi Scarflover yang merasa khawatir karena Kota Intan ini cukup jauh, Anda bisa mendatangi cabangnya yang berada di daerah Kelapa Gading.

  1. Martabak 65A Pecenongan                            
Sumber: Instagram @martabakpecenongan

Martabak Pecenongan 65A didirikan oleh pemuda asli Bandung, bernama Agustinus, yang mencoba mengadu nasib ke Jakarta pada tahun 1970-an. Martabak Pecenongan 65A berpusat di Jl. Pecenongan Raya No. 65A, Jakarta Pusat dan memiliki cabang di Pantai Indah Selatan 1, Ruko PIK Elang Laut Blok D No. 28, Jakarta Utara. Martabak satu ini sering kali dijadikan sebuah indikator yang dikatakan “martabak enak” oleh penikmat camilan. Maka tidak heran, outlet martabak tersebut selalu diramaikan oleh pembeli. Bagi Scarflover yang ingin menikmati salah satu camilan enak ini, diharapkan mampu bersabar untuk menunggu pesanannya selesai dibuat. Walaupun lama, kesabaran Anda dipastikan terbayar dengan lezatnya martabak yang sudah terkenal aroma dan cita rasanya yang membuat Anda bisa ketagihan dan kembali lagi.

  1. Sop Konro Karebosi, Kelapa Gading                                         
sumber : acaranyamakanmakan.wordpress.com

Sop konro legendaris yang menjadi jagoannya ialah Sop Konro Karebosi, bumbu dari kuah sop serta dagingnya strong dan bisa diterima lidah, selain itu sop satu ini terasa segar dan nikmat jika ditambah dengan nasi hangat. Sop Konro Karebosi terletak di Jl. Boulevard Raya Kelapa Gading, No. 41, RT 08/RW 01. Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara. Tempat makan ini berawal dari sebuah warung kaki lima yang sudah berdiri sejak tahun 1968 di Lapangan Karabosi, Makassar. Menurut pemiliknya yaitu Hj Hanaping, menu andalan konsumennya adalah sop konro nya yang memberikan cita rasa khas Makassar serta merupakan resep rahasia turun temurun dari keluarganya. Tidak hanya nikmat, tempat makannya pun begitu nyaman yang didukung dengan pelayanan yang ramah, sehingga tidak heran jika banyak konsumen yang sering berkunjung untuk menikmati menu andalan.

(Penulis : DA)

Leave A Reply

Your email address will not be published.