SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

Mengenal Omega 3 yang Bermanfaat Untuk Si Kecil

Tingkatkan Kecerdasan Otak dan Kesehatan Anak

0 12

Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa asam lemak omega 3 dan omega 6 sangat baik untuk perkembangan otak serta dapat menambah kecerdasan pada anak. Namun, yang perlu Anda ketahui adalah bahwa asam omega-3 adalah jenis asam lemak yang tidak diproduksi oleh tubuh sehingga harus dipenuhi lewat asupan makanan.

Sumber asam lemak omega-3 dapat ditemui pada berbagai jenis ikan berlemak, seperti sarden, makarel, dan salmon. Oleh karena itu WHO menganjurkan untuk makan ikan setidaknya dua porsi per minggu untuk memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3. Tak hanya dari ikan saja, kini telah banyak susu dengan kandungan omega-3 yang lebih praktis untuk dikonsumsi.

dok.freepik

Setelah mengetahui sumber asam lemak omega-3, lalu pertanyaannya adalah apa manfaat omega-3 untuk anak? Dari yang sudah dirangkum oleh tim redaksi Scarf, berikut ini merupakan manfaat omega-3 bagi anak.

Meningkatkan Kecerdasan Anak

dok.freepik

Salah satu manfaat omega-3 yang tak boleh dilewatkan adalah dapat meningkatkan kecerdasan anak. Salah satu penelitian dari Oxfor University mengungkapkan bahwa anak yang mendapatkan asupan omega-3 yang cukup cenderung lebih fokus dan lebih mudah dalam memahami pelajaran. Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan akan membantu menguatkan fungsi otak anak dan meningkatkan pertumbuhan sel saraf otak anak. Selain harus diberikan pada anak, pastikan ibu hamil juga rutin mengkonsumi makanan yang mengandung omega-3 karena hal tersebut baik untuk membantu pertumbuhan otak janin dan akan membuat otaknya kuat.

Meningkatkan Kemampuan Membaca

dok.freepik

Ketika belajar di sekolah, anak membutuhkan koordinasi yang seimbang antara tangan dan matanya untuk mencatat berbagai pelajaran maupun mengerjakan tugas. Asam lemak omega-3 akan membantu menyeimbangkan koordinasi antara mata dan tangan sehingga anak dapat menyerap ilmu dengan baik. Anak yang memiliki kadar omega-3 yang tinggi dalam darahnya juga cenderung mampu belajar membaca dengan cepat dan baik.

Mencegah Berbagai Penyakit

dok.freepik

Jika Anda ingin buah hati selalu sehat dan semangat, maka Anda harus rutin memberikan asupan omega-3. Karena omega-3 terbukti akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak sehingga akan membuatnya terbebas dari segala macam penyakit. Asam omega-3 juga berungsi untuk mengendalikan berat badan sehingga anak akan terhindar dari risiko obesitas sejak kecil hingga dewasa.

Meningkatkan Kesehatan Mental

dok.freepik

Selain dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan fisik, omega-3 juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mental pada anak. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan risiko berbagai penyakit mental, seperti depresi, bipolar, dan penyakit skizofrenia pada anak usia 6 sampai 12 tahun

Selain bermanfaat bagi kecerdasan anak, omega-3 juga bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental anak. Oleh karena itu, pastikan para orang tua sudah memberikan asupan omega-3 yang cukup kepada anak! (NP)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.