SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

Makanan Sehat Favorit BJ Habibie

peninggalan almarhum

1 14

Indonesia sedang berduka, Presiden ketiga RI BJ.Habibie meninggal dunia pukul 18.05 WIB, Rabu 11 September 2019 di RSPAD, Jakarta Pusat.

Banyak kenangan beliau yang di lalui di negara terutama jasa untuk bangsa. Kecerdasan yang dimiliki Habibie bukan hanya karena otaknya yang jenius dan tekun dalam belajar, tapi juga dari makanan yang dikonsumsinya. Apa yang sering kita makan sejak kecil, dapat menentukan tumbuh kembang kita.

Namun, apa yang  membuat Eyang sehat dan  berumur sampai 83 tahun? Disisi lain Eyang pernah menceritakan kepada beberapa media soal makanan kesukannya.

Habibie pun memiliki makanan favorit yang selalu ia makan sejak kecil. Dilansir dari Fimela, ia ternyata sangat menyukai ikan, sayur, dan rajin minum air putih.

Ikan

Sumber: salimahfoodmd.wordpress.com

“Saya suka sekali makan ikan, mulai dari dibakar atau digoreng, dan sup ikan. Bahkan waktu di Eropa juga carinya ikan,” ujar Habibie.

Banyak keuntungan mengonsumsi Ikan untuk kesehatan, manfaatnya adalah:

  • Mencegah penyakit jantung. Ikanlaut memiliki protein yang tinggi dan kadar kolesterol yang lebih rendah dibandingkan daging merah
  • Menjaga fungsi dan kesehatan otak
  • Mendukung kesehatan tulang
  • Baik untuk penderita gangguan tiroid
  • Menjaga kesehatan mata

 

Ikan memiliki kandungan omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan scarlover.

Barongko

Sumber: dianandariskia

Barongko makanan khas Makassar menjadi makanan favorit Eyang saat kecil. Makanan ini yang terbuat dari campuran pisang kepok, santan, telur, gula, dan dibungkus oleh daun pisang, lalu dikukus.

Barongko dulu sering disajikan sebagai hidangan penutup bagi para raja Bugis.  Barongko juga sering disajikan saat acara adat seperti sunatan, akikah, pernikahan, syukuran dan lain sebagainya.

Sayur-sayuran

Sumber: voxntt.com

Dan terakhir, yang paling penting adalah sayuran. Biasanya, Eyang mengonsumsi ikan bersamaan dengan sayuran agar mendapatkan banyak vitamin.

Ada banyak manfaat mengosumsi sayuran, seperti menyehatkan pencernaan hingga menurunkan tekanan darah.

Orang-orang yang terbiasa makan beragam jenis buah dan sayuran secara umum memiliki risiko yang lebih rendah untuk menderita diabetes, obesitas, penyakit jantung, stroke, dan sebagian jenis kanker.

Di samping itu, buah dan sayur juga merupakan sumber serat, vitamin dan mineral, serta senyawa penting lain yang dibutuhkan tubuh, seperti antioksidan.

Itulah beberapa makanan sehat  favorit Eyang Habibie. Tidak ketinggalan jangan lupa untuk selalu minum air putih dan berolahraga. Jagalah kesehatan scarflover.

Keep healthy in your way!

(Penulis: ZK)

1 Comment
  1. ปั้มไลค์ says

    Like!! I blog quite often and I genuinely thank you for your information. The article has truly peaked my interest.

Leave A Reply

Your email address will not be published.