SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

Makanan Khas Idul Fitri Nusantara

Travel dan Budaya

0 22

Menyambut hari kemenangan, tidak sah rasanya jika tidak menyantap makanan khas Idul Fitri. Tidak hanya Ketupat, Opor Ayam, dan Rendang saja yang menjadi makanan khas, tapi masih banyak makanan dari daerah lain yang selalu ada pada saat Idul Fitri.

Setiap daerah mempunyai makanan khasnya masing – masing, kira – kira makanan seperti apa yang daerah ini sajikan.

!. Bebek Gulai Kurma

 

Aceh mempunyai makanan khasnya tersendiri pada saat Lebaran dikenal dengan Bebek Gulai Kurma. Walaupun namanya Bebek Gulai Kurma, tetapi bahan yang digunakan tidak menggunakan buah kurma sama sekali. Makanan ini terbuat dari daging bebek yang dimasak dengan rempah – rempah seperti daun pandan, daun temurui, serai dan kuah santan.

2. Ayam Gagape

Makanan khas Makassar yang menjadi kembaran opor ayam ini, mempunyai rasa yang lebih gurih karena ada tambahan kelapa parut sangarai. Lebih enak disantap dengan ketupat.

3. Ayam Woku

Makanan khas Manado ini punya cita rasa yang pedas. Dimasak dengan kuali besar ditambahkan rempah – rempah seperti daun kemangi, daun jeruk, daun kunyit, dan daun bawang, dengan api kecil sampai air mengental.

4. Lemang Lepat Lau

Makanan asal Pontianak yang terbuat dari ketan dan santan yang dimasukan ke dalam bambu dan dimasak dengan cara dikukus, disajikan dengan Rendang atau Serundeng pada saat Lebaran.

5. Uve Mpoi

Sop daging sapi tulang rusuk khas Palu dimasak dengan asam jawa dan digodok dengan menggunakan kayu bakar. Membuat rasanya lebih gurih dan sari pati daging lebih terasa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.