SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

Lima Negara Eropa yang Ramah Terhadap Wisatawan Muslim

Tak perlu lagi pusing mencari hidangan halal atau masjid.

0 49

Saat ini, Islam dianggap sebagai agama yang paling cepat peningkatan jumlah penganutnya di dunia. Meningkatnya jumlah muslim ini kemudian membuka mata banyak orang bahwa umat Islam adalah pasar yang besar, termasuk dalam urusan wisata. Kesadaran ini kemudian menyebabkan peningkatan tersedianya berbagai fasilitas untuk umat muslim, seperti restoran halal dan musala atau masjid.

Hal ini juga terjadi di Eropa di mana meskipun Islam bukanlah agama mayoritas, tapi banyak negara dan kota di Eropa yang berbenah dan lebih ramah terhadap wisatawan muslim. 

1.Jerman

Kota Berlin dan Munich menjadi dua kota di Jerman yang dinilai ramah terhadap muslim, dikarenakan cukup banyak komunitas muslim di dua kota tersebut. Jadi jika Anda berkunjung ke dua kota ini Anda tidak perlu khawatir mencari restoran yang menyajikan hidangan halal. Untuk masjid sendiri, Berlin memiliki lebih dari 70 masjid, salah satunya adalah Wilmersdorfer Moschee atau yang dikenal juga dengan nama Berlin Mosque yang merupakan masjid tertua di negara tersebut. 

Mosque Penzberg. Courtesy of Facebook Islamic Art & Architecture

 

Sementara di Munich Anda bisa menikmati keindahan arsitektur kota dan mengunjungi Tierpark Hellabrunn yang merupakan kebun binatang terbesar di dunia. Terakhir jika Anda ingin melihat salah satu masjid ikonis di Eropa, Anda bisa mengunjungi Mosque Penzberg di Munich, dan menyaksikan sendiri perpaduan arsitektur Islam dan modern di masjid ini. 

2. Inggris

Tak lengkap tentunya mengunjungi Eropa tanpa menginjakkan kaki di negara satu ini. Apabila Anda ingin mencari kota yang nyaman untuk muslim, maka Anda bisa pergi ke London yang menjadi pusat pemerintahan di Inggris. Di kota ini ada banyak situs wisata yang wajib Anda datangi, termasuk jika Anda tertarik berkeliling dari satu masjid ke masjid lain. London dihuni sekitar satu juta umat Islam, sehingga memiliki berbagai masjid dan pilihan makanan halal. Anda bisa menemukan restoran Pakistan, Turki, Timur Tengah, atau India yang menawarkan ragam hidangan halal. 

Photo by Ugur Akdemir on Unsplash

 

Kota lain yang juga ramah terhadap wisatawan muslim adalah Manchester. Ada sekitar 62 masjid di kota ini dan puluhan variasi hidangan halal dari berbagai negara, mulai dari Malaysia, Pakistan, Mediterania, hingga restoran Ethopia yang juga menyajikan hidangan halal. 

3. Spanyol

Photo by Paolo Nicolello on Unsplash

 

Sebagai ibu kota Spanyol, Barcelona telah siap menerima kedatangan wisatawan muslim dengan berbagai fasilitas. Untuk soal kuliner, restoran halal yang tersedia tak cuma yang menyajikan hidangan khas Timur Tengah atau negara muslim, tapi juga ada restoran hidangan lokal yang siap menyajikan hidangan halal. Apabila ingin mengunjungi masjid ada beberapa pilihan masjid di kota ini. Salah satu yang terbesar adalah Barcelona Central Mosque yang menjadi pusat aktivitas bagi umat muslim di kota ini. 

4. Prancis

Photo by Florian Wehde on Unsplash

Paris adalah salah negara yang kerap dikunjungi wisatawan, termasuk para muslim yang berlibur ke Eropa. Di kota ini ada lebih dari 100 pilihan restoran yang menyajikan hidangan halal, dari mulai  yang berkonsep bistro hingga fine dining. Jadi Anda bisa menikmati menjadi Parisienne seutuhnya! Masjid juga banyak bertebaran di sudut kota, dan yang terbesar adalah Grand Mosque of Paris. 

5. Norwegia

 

Salah satu negara di Eropa yang juga ramah terhadap wisatawan muslim adalah Norwegia, tepatnya Anda bisa mengunjungi Oslo. Di kota ini ada banyak restoran Timur Tengah yang menghidangkan makanan halal. Masjid terbesar di kota ini adalah Central Jam-e- Mosque yang juga jadi pusat aktivitas umat Islam. Masjid yang mampu menampung hingga 700 jemaat ini berada di Åkebergveien, Oslo. (DC)

Leave A Reply

Your email address will not be published.