SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

Lakukan 4 Hal Ini agar Hati Anda Menjadi Tenang

Segudang Manfaat Dari Ingat Kepada Allah

0 51

Banyaknya tuntutan dan tekanan akan membuat seseorang mudah mengalami stress hingga depresi. Hal tersebut dapat membuat hati tidak tenang bahkan mengganggu kondisi mental seseorang. Karir, asmara, masalah keluarga, hingga pertemanan menjadi permasalahan umum yang dapat dialami siapa saja. Hal tersebut menjadi beberapa contoh faktor yang dapat mengganggu hati dan pikiran seseorang.

Agar stress dan depresi tidak menimpa Anda, maka Anda perlu memperhatikan kebutuhan rohani agar hati Anda tetap tenang walaupun sedang dilanda banyak tuntutan dan tekanan. Kebutuhan rohani sangat penting untuk dipenuhi karena hal tersebut dapat membantu meringankan beban-beban yang memberatkan pikiran dan mengganggu mental.

Bagi kaum yang beragama islam, kesehatan rohani dapat dipenuhi dengan beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hal tersebut sudah terkandung dalam ayat Alquran QS ar-Raad : 28

ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ ٱللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ ٱللَّهِ تَطْمَئِنُّ ٱلْقُلُوبُ

yang artinya : “Orang-orang yang beriman akan mendapat ketenangan dalam hati mereka. Dan ingatlah kepada Allah SWT, dengan mengingat Allah SWT hati akan menjadi tenang.”

Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan agar kesehatan rohani Anda selalu terjaga sehingga hati akan selalu tenang

1. Meluangkan Waktu Untuk Membaca Alquran Setiap Hari

Membaca Alquran dapat menenangkan bathin, pikiran, dan dapat menumbuhkan rasa cinta kepada Allah SWT. Disaat penuh dengan beban maka sempatkanlah untuk membaca Alquran dan mengingat Allah SWT, agar Allah SWT pun nantinya memberikan pertolongan dan ketenangan kepada kita. Disaat pikiran dan hati sudah tenang maka masalah-masalah dalam hidup akan lebih mudah untuk diselesaikan.

Selain itu, di dalam Alquran terkandung ayat-ayat yang dapat memberikan motivasi bagi manusia, berikut beberapa contoh ayat Alquran yang dapat memberikan motivasi disaat kita bersedih

  • QS Al-Insan : 22 – Saat Merasa Tidak Dihargai

إِنَّ هَٰذَا كَانَ لَكُمْ جَزَاءً وَكَانَ سَعْيُكُمْ مَشْكُورًا

Yang artinya : “Sesungguhnya kenikmatan ini adalah balasan untuk kalian, dan segala usaha kalian disyukuri (diberi balasan).”

Ayat ini memberikan motivasi disaat Anda merasa tidak dihargai atau disaat Anda lelah dalam berusaha. Dengan ayat ini Allah SWT memberi tahu bahwa semua usaha manusia dalam berbuat kebaikan pasti akan diberikan balasan oleh-Nya yaitu berupa kenikmatan di surga nanti.

  • QS Yusuf : 87 – Saat Berputus Asa

وَلَا تَا۟يْـَٔسُوا۟ مِن رَّوْحِ ٱللَّهِ ۖ إِنَّهُۥ لَا يَا۟يْـَٔسُ مِن رَّوْحِ ٱللَّهِ إِلَّا ٱلْقَوْمُ ٱلْكَٰفِرُون

 

Yang artinya : “Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah SWT. Sesungguhnya tidak ada kelakuan berputus asa dari rahmat Allah SWT kecuali itu adalah kelakuan kaum yang kafir.”

 

Ayat ini menceritakan saat Nabi Ya’kub berusaha mencari anaknya yaitu Nabi Yusuf. Nabi Ya’kub memerintahkan anak-anaknya untuk berangkat ke Mesir agar dapat mencari tahu keberadaan Nabi Yusuf.

Potongan ayat tersebut dapat memberikan motivasi disaat sedang berputus asa. Ayat ini mengingatkan agar kita tidak berputus asa dari rahmat Allah SWT dan selalu percaya bahwa pertolongan-Nya akan datang jika kita terus berdoa dan berusaha.

  • QS As-Syarh – Saat Merasa Kesulitan

فَإِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا

Yang artinya : “Karena sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.”

Ayat ini memberikan motivasi agar kita tidak mudah menyerah dan Allah SWT menjanjikan bahwa bersama kesulitan pasti ada kemudahan. Disaat Anda sedang mengalami masa sulit, maka bersamaan dengan masa sulit tersebut Anda akan diberikan kemudahan untuk melewatinya jika Anda bisa selalu sabar dan bertawakal.

 

2. Rutin Mengikuti Kajian

Dengan mengikuti kajian, hati dan pikiran Anda akan menjadi lebih tenang karena otak dan hati akan fokus tertuju pada materi yang disampaikan sehingga Anda akan sejenak mengesampingkan masalah-masalah yang menimpa Anda. Jika sudah demikian, sesudah mengikuti kajian pikiran Anda akan lebih terbuka sehingga mudah untuk mengambil keputusan yang baik. Dengan mengikuti kajian, Anda pun akan lebih dalam mengetahui ilmu agama islam dari mulai hukum, cerita-cerita, dan peringatan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

3. Membiasakan Berdzikir Disaat Hati Tidak Tenang

Secara bahasa dzikir artinya mengingat. Mengingat Allah SWT disaat hati tidak tenang merupakan kunci dari permasalahan yang menimpa kita. Dengan berdzikir kepada Allah SWT, Allah SWT pun akan senantiasa mengingat kita. Seperti yang tertulis dalam surat Al-Baqarah : 152

فَٱذْكُرُونِىٓ أَذْكُرْكُمْ وَٱشْكُرُوا۟ لِى وَلَا تَكْفُرُونِ

Yang artinya : “Ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku akan ingat pula kepadamu.”

Jika Allah sudah mengingat hambanya, maka pastinya segala urusan hamba tersebut akan dimudahkan. Jika hamba itu diberi cobaan maka Allah SWT akan memberikan kelapangan dan memberikan jalan keluar atas segala masalahnya.

 

4. Senantiasa Memanjatkan Doa Kepada Allah SWT

Disaat Anda merasa sedang ditimpa masalah yang menyulitkan, maka berdoalah kepada Allah. Karena doa adalah sebagai wujud tawakal dan berpasrah seorang hamba kepada Allah SWT. Saat berdoa pun berarti Anda sedang berinteraksi kepada Allah SWT dan membutuhkan pertolongan Allah SWT. Surat Al-Ghafir ayat 60 menjelaskan pentingnya seorang muslim berdoa kepada Allah SWT

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Yang artinya : “Dan ingatlah firman tuhanmu : Berdoalah kalian padauk maka niscaya akan aku kabulkan, sesungguhnya orang-orang yang sombong dari ibadahku (tidak mau doa) akan aku masukan kedalam neraka jahanam yang hina.”

Maka dari itu berdoa menjadi suatu kewajiban seorang muslim, disaat tertimpa cobaan dengan berdoa kepada Allah SWT dan minta diberikan petunjuk, maka Allah SWT akan memberikan solusi dari permasalahan tersebut. (NP)

Leave A Reply

Your email address will not be published.