SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

Kenali Berbagai Jenis Masker Wajah Beserta Manfaatnya!

Mau pakai masker yang mana hari ini?

0 5
Akhir pekan adalah saat yang paling tepat untuk memanjakan diri Anda. Apalagi untuk Anda yang sehari-harinya sibuk bekerja atau beraktivitas, akhir pekan bisa jadi waktu yang pas untuk dimanfaatkan merawat diri. Salah satu yang bisa Anda lakukan dengan cepat dan mudah adalah masker wajah.
Home-treatment yang satu ini kini menjadi favorit para wanita yang menginginkan wajah segar dan cerah dalam waktu singkat. Seiring dengan naik daunnya produk praktis ini, banyak sekali jenis masker baru bermunculan dan  menarik untuk dicoba. Lantas bagaimana memilih masker wajah yang tepat untuk Anda?
Mari, baca dulu penjelasan Scarf Media mengenai berbagai jenis masker dan kelebihannya, sehingga Anda tak perlu khawatir salah pilih.
1. Wash Off Mask
Jenis masker yang satu ini sangat umum Anda temui dimanapun, hampir semua brand mengeluarkan produk masker dengan jenis Wash Off Mask ini. Cara penggunaan jenis masker ini, Anda hanya perlu menunggu beberapa saat hingga masker menyerap, lalu Anda bersihkan dengan air.
Dok. Kiehls
Meski dinilai kurang praktis, masker jenis ini cocok untuk semua jenis kulit Anda dan ampuh untuk membuat wajah Anda menjadi lebih lembut. Sebagai catatan, pastikan Anda selalu membersihkannya dengan maksimal agar tidak ada sisa masker yang menempel karena akan menyumbat pori-pori Anda!
2. Peel Off Mask
Berbeda dengan wash off mask, jenis masker masker ini biasanya berbentuk krim atau gel dan tidak perlu Anda bilas dengan air, karena akan mengering ketika diaplikasikan dan dapat Anda kelupas. Masker jenis ini kini kian digemari oleh wanita, karena sensasinya dinilai menyenangkan saat “mengelupasnya” dari kulit.
Dok. Origins
Peel off mask sendiri dinilai cukup efektif untuk mengangkat kotoran serta komedo di wajah, terutama sekitar hidung. Tak hanya itu, manfaat lainnya dari masker jenis ini adalah dapat membantu mengencangkan kulit dan melancarkan peredaran darah di wajah.
Masker yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki tipe wajah kering. Namun, perlu diperhatikan bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, pastikan untuk memerhatikan kandungan dalam jenis masker ini apakah dapat menimbulkan reaksi alergi atau tidak.

 

3.  Exfoliating mask
Multifungsi adalah satu kata yang paling tepat untuk menggambarkan manfaat dari jenis masker yang satu ini. Memiliki dua kegunaan sekaligus yakni sebagai masker dan scrub wajah, sehingga masker yang satu ini dapat membersihkan sekaligus mengeksfoliasi agar sel-sel kulit mati pada wajah Anda terangkat.
Dok. Freeman
Cara pengaplikasian masker ini cukup mudah, pertama, aplikasikan pada wajah dan diamkan beberapa saat. Sebelum membilasnya dengan air, Anda bisa pijat ringan wajah Anda dengan gerakan memutar, ini dilakukan agar butiran scrub pada masker akan mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk pada wajah Anda.
Namun, bagi Anda yang memiliki tipe kulit acne prone dan sensitif, sebaiknya hindari masker dengan butiran scrub yang terlalu kasar, karena penggunaan scrub sangat rentan menimbulkan iritasi bagi Anda yang memiliki tipe kulit sensitif.
4. Rubber Mask
Dok. Dr. Jart
Rubber mask merupakan salah satu jenis masker terbaru yang perlu Anda coba karena keunikannya namun tetap kaya akan nutrisi bagi wajah. Hadir dalam bentuk sheet ataupun powder yang perlu Anda campurkan dengan air, rubber mask berfungsi untuk menciptakan barrier di kulit dan membantu penyerapan nutrisi. Karena tekstur rubber-nya yang tebal, kandungan dan nutrisi baik dari masker dapat meresap hingga ke bagian dermis kulit. Worth to try!

 

5. Jelly Mask
Masker jenis ini sedang ramai diperbincangkan dalam dunia kecantikan khususnya skincare. Tak hanya dalam makeup, kini tren jelly juga diterapkan pada beberapa skincare salah satunya masker wajah karena dinilai unik namun tetap memiliki banyak manfaat.
Dok. Dior
Tekstur nya yang ringan dan bouncy membuatnya mudah sekali diaplikasikan. Kandungan glycerin nya baik untuk memberikan hidrasi pada kulit wajah dan beberapa produk jelly mask ini juga dapat membantu mencerahkan kulit Anda.

 

6. Sleeping Mask
Sesuai namanya, jenis masker yang satu ini memang khusus Anda gunakan di malam hari sebelum tidur. Biasanya, sleeping mask memiliki tekstur berupa gel sehingga dengan mudah menyerap ke dalam kulit. Sleeping mask memiliki manfaat untuk menghidrasi kulit serta sangat cocok untuk menyegarkan wajah Anda setelah lelah beraktivitas seharian.
Dok. Innsifree
Biasanya sleeping mask ini digunakan setelah rangkaian panjang skincare Anda di malam hari, gunanya agar masker ini bisa ‘menyegel’ seluruh kandungan skincare dan membantunya meresap dengan baik di wajah Anda.
7. Sheet Mask
Tak hanya populer di Korea saja, masker ini juga banyak diminati di Indonesia, maka tidak heran jika sheet mask kini menjadi salah satu masker yang paling sering digunakan oleh para skincare junkie. Penggunaannya yang mudah serta hasilnya yang instan membuat masker ini dapat membuat wajah terasa halus, lembap, dan terlihat cerah seketika.
Dok. SK-II
Apabila Anda menggunakan sheet mask dengan fungsi hydrating, Anda bisa menggunakannya di pagi hari, sebelum memulai aktivitas. Sementara jika sheet mask yang Anda gunakan berfungsi sebagai mengeluarkan racun dan kotoran, lebih cocok digunakan di malam hari. (FIA)

Leave A Reply

Your email address will not be published.