SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

Keistimewaan Dibalik Hari Jumat Yang Ternyata Masih Jarang Diketahui Banyak Orang

Lebih mendalami maknanya

0 10

Alhamdulillah hari ini hari Jum’at, bagi masyarakat yang bekerja tentu senang, karena bertemu lagi dengan hari jum’at dan besok sudah memasuki hari weekend. Tetapi, jangan sampai lupa untuk selalu bersyukur. Ada apa sih dengan hari Jum’at?

Hari Jum’at menurut kalender hijriah adalah hari yang keenam dalam satu pekan atau satu minggu. Kata Jumat berasal dari Bahasa Arab yaitu Jumu’ah yang memiliki arti berkumpul. Dimana pada hari Jumat inilah semua orang Islam yang dimana, laki-laki akan berkumpul dalam satu tempat ibadah yaitu Masjid untuk melaksanakan Sholat Jum’at. Tetapi yang sangat disayangkan ialah banyaknya keistmewaan yang tidak diketahui oleh orang banyak yang beragam muslim di Hari Jum’at. Fakta yang di temukan di negara-negara bagian Timur Tengah, atau negara tetangga seperti Malaysia, ternyata menjadikan hari Jumat sebagai hari libur, dimana hal tersebut dilakukan supaya masyarakat yang mayoritas beragama Islam dapat menjalankan Ibadah dan mendapatkan faedah yang sangat luar biasa di Hari Jumat.

Lalu sebenarnya, ada apa dengan hari Jumat serta apa sih keistimewaanya?

  1. Hari Jumat Sebagai Hari Raya Bagi Umat Islam
sumber: islamipos

Mengapa Hari Jumat sebagai hari raya bagi umat Islam? Dikarenakan pada hal inilah ternyata hari Jumat menjadi pembeda dengan non muslim. Rasulullah SAW bersabda:

Allah telah memalingkan orang-orang sebelum kita untuk menjadikan hari Jumat sebagai hari raya mereka, oleh karena itu hari raya orang Yahudi jatuh pada hari Sabtu, dan hari raya ornag Nasrani aalah hari Ahad, kemudian Allah memberikan bimbingan kepada kita semua untuk menjadikan hari Jumat sebagai hari raya, sehingga Allah menjadikan hari raya secara berurutan, yaitu hari Jumat, Sabtu, dan Ahad. Dan dihari kiamat mereka pun akan mengikuti kita seperti urutan tersebut, walaupun di dunia kita adalah penghuni yang terakhir, namun di hari kiamat nanti kita adalah urutan terdepan yang akan diputuskan perkaranya sebelum seluruh makhluk.” (HR.Muslim).

  1. Hari Terbaik Dibandingkan Hari yang Lainnya
sumber: masjidmpd.or.id

Rasulullah bersabda : “Hari paling baik dimana pada hari itu matahari terbit yaitu hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukan surga, dan dikeluarkan darinya. Serta kiamat tidak akan berlangsung terkecuali pada hari Jumat”.

  1. Waktu yang Tepat Dalam Mustajab Untuk Berdoa.
sumber: kidaringtonegoyet.blogspot.com

Dalam menjalani kehidupan dalam dunia, tidak hanya kebahagianlah yang menyentuh hati kita sebagai manusia, tetapi sering kali terdapat masalah yang datang sehingga membuat hati kita menjadi gundah dan resah. Dengan berserah diri kepada Allah SWT, maka kita bisa selalu merasa dekat dengan Allah dan memohon ampunan serta pertolongan-Nya kepada Allah SWT. Menurut HR. Muttafaq Alaih, menyatakan;

Sesungguhnya, di hari Jumat terdapat satu waktu yang mustajab bila seseorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasulullah SAW pun mengisyaratkan dengan tangannya mengambbarkan bahwa sedikitnya waktu itu.”

Dengan berdoa, menjadi sebab manusia untuk selalu tegar dan percaya bahwa pertolongan dari Allah SWT itu ada. Berdoa termasuk ibadah yang tidak membutuhkan tenaga serta biaya, hanya tinggal menengadahkan kedua tangan, lalu cerita apa yang membuat hati kita senang, siapa yang membuat kita kesal, hambatan apa saja yang kita hadapi, dan sebagainya. Kita bisa berdoa kepada Allah SWT sesuka hati kita tanpa merasa dibatasi. Sebagaimana Allah SWT berfirman:

Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang meyombongkan diri dari menyembah-Ku, akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (Qs. Al-Mukmin (40) : 60).

  1. Hari Diturunkannya Ampunan Dosa                            
sumber: tribunasia.com

Salaman Al Farisi berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda :

Barang siapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci, sesuai dengan kemampuan, merapihkan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid dan masuk masjid tanpa melangkahi diantara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya diantara dua Jumat.”. (H.R. Bukhari).

5. Shodaqoh pada Hari Jumat Lebih Utama Dibandingkan Hari yang Lainnya.                                                   

sumber: salam.ui.ac.id

Sedekah ialah suatu perbuatan amal shaleh yang diperintahkan oleh Allah SWT kepada sesama manusia yang berhak menerima dan membutuhkan. Dimana, orang yang bersedakah akan dibalas dengan balasan yang tak ternilai disisi Allah SWT, yang bisa saja lebih besar dari apa yang kita bayangkan. Ibnu Qayyim menambahkan bahwa Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya diibartkan sedekah pada bulan Ramadhan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

Itu dia Scarflover mengenai keistimewaan dibalik hari Jumat, bahwa memang hari Jumat ialah bukan hanya hari biasa yang tergabung dalam satu pekan saja loh, tetapi ternyata memang ada keistimewaan yang hadir di balik hari Jumat itu sendiri. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, dan kehidupan kita dipenuhi oleh keberkahan yang dilimpahkan oleh Allah SWT ya Scarflover. Jangan lupa untuk dilihat, diresapi, dan diamalkan yaa Scarflover (Penulis: DA)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.