SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

Kebiasaan Sepele yang Ampuh Merusak Mata

0 12

Mata merupakan organ yang sangat penting lantaran apa yang kita lihat dan pahami berasal dari sana terlebih dahulu. Namun, sayangnya tidak semua orang bisa menjaga kesehatan mata dengan baik. Banyak hal yang mereka lakukan baik secara sadar atau tidak sadar telah berpotensi merusak fungsi mata.

Berikut beberapa kegiatan sepela yang ampuh untuk merusak fungsi mata:

Kurang sayur dan buah

Selain untuk kesehatan tubuh, sayur dan buat juga sangat baik untuk kesehatan mata. Sayangnya, banyak orang yang mengkesempingkan urusan ini. padahal di dalam sayur dan buah terdapat kandungan antioksidan yang penting untuk melindungi mata. Selain itu vitamin C, vitamin E, seng, dan vitamin A yang ada di dalamnya mampu menjaga kesehatan mata.

Tidak pakai kacamata

Bukan sekedar untuk gaya-gayaan, mengenakan kacamata di bawah terik matahari tanpa memakai kacamata hitam membuat paparan sinar ultraviolet dapat menyebabkan fotokeratitis. Meski tidak menyebabkan kerusakan permanen namun, ini bisa memicu merah dan mengganggu kepekaan mata terhadap cahaya.

Gadget
Sebaiknya tidak menatap layar gadget dalam waktu yang lama karena menyebabkan mata berair dan tegang. perangkat elektronik yang berlebihan membuat mata terpapar cahaya biru dan dapat mengganggu siklus tidur.

Mengucek mata
Mengucek mata memang membuat mata terasa lebih baik untuk sesaat. Tapi jika menggosok terlalu kencang dapat menyebabkan goresan dan distorsi kornea.

Kurang tidur
Kurang tidur akan mengganggu sirkulasi cairan mata dan dapat memicu mata bengkak, mata kedutan, dan saraf mata menegang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.