SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

Ini Dia ! Tak’jil Yang Hanya Ada Pada Saat Bulan Ramadan Saja

Travel and Food

0 15

Tak’jil sudah menjadi makanan wajib saat kita berbuka puasa,mulai dari kurma, kolak, sampai es buah pun jadi buruan masyarakat Indonesia pada saat bulan Ramadan tiba.

Ramadan hanya datang 1 tahun sekali, beberapa daerah ini mempunyai makanan khas yang hanya di sajikan pada saat Ramadan saja.

1. Asida

Makanan Arab ini menjadi tak’jil khas Maluku Utara dan Ambon terbuat dari tepung terigu, gula merah, dan biji kapulaga. Suka disebut sebagai dodol Ambon juga, karena tekstur yang kenyal dan bagian kuningnya itu mentega yang dicairkan.

2. Bubur Kampiun

 

Bubur khas dari Sumatra Barat yang terbuat dari campuran ketan putih yang dikukus, bubur putih atau bubur sumsum, bubur ketan hitam, kolak pisang/ubi, bubur kacang hijau, kacang padi, bubur conde atau candil. Bisa jadi pilihan untuk buka puasa hari ini.

3. Jongkong

Kue Jongkong khas Bangka Belitung warisan dari budaya Tionghoa ini mempunyai aroma pandan yang kental, terbuat dari tepung beras, tepung sagu, dan gula merah. Teksturnya yang lembut cocok untuk pelengkap buka puasa.

4. Ketan Bintul

Tak’jil khas Banten yang terbuat dari beras ketan, kacang tolo, dan kelapa. Dengan rasa manis dan gurih membuat buka puasa lebih nikmat.

5. Bongko Kopyor

Bongko Kopyor merupakan kepanjangan dari Bubur Nangka dan kelapa kopyor. Terbuat dari potongan roti tawar, serutan kelapa muda, pisang, nangka, bubur mutiara, dan siraman santan yang dikukus. Takjil Khas Gresik ini mempunyai tekstur yang lembut dan agak encer jadi gampang dicerna, cukup mengeyangkan, dan dapat memulihkan energi sehabis kita berpuasa.

6. Kicak

Biasa disebut Gethuk Kicak. Tak’jil asal Jepara ini terbuat dari singkong, tepung pati, gula merah cair, dan parutan kelapa.

7. Petulo

Makanan khas Jawa Timur ini mirip dengan Putu Mayang, jika Putu Mayang terbuat dari tepung kanji sedangkan Petulo terbuat dari ketan yang dicampur dengan saus santan dan gula merah.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.