SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

Ingin Tas Kulit Anda Lebih Awet dan Tahan Lama? Berikut Tipsnya

Agar Tas Anda Lebih Awet dan Tahan Lama

0 17

Tas yang terbuat dari bahan kulit biasanya lebih diminati oleh kaum perempuan. Selain timeless, tas kulit baik faux leather maupun asli akan membuat penampilan lebih stylish.

dok.Freepik

 

Sebab itulah, tas kulit menjadi fashion item yang wajib Anda miliki. Namun, tas berbahan kulit harus dirawat dengan maintenance yang tepat agar selalu awet dan tahan lama. Karena seperti yang Anda ketahui masalah kulit tas yang mengelupas menjadi masalah menjengkelkan yang sering terjadi pada tas kulit. Lalu bagaimana cara sederhana untuk merawat tas kulit agar lebih awet dan tahan lama? Yuk simak ulasannya!

Jangan Cuci Tas Dengan Detergen

Tas berbahan kulit tidak cocok jika dibersihkan dengan detergen yang terlalu keras. Residu sabun yang dihasilkan oleh detergen dapat menyumbat pori-pori tas sehingga tekstur tas menjadi kering lalu akhirnya pecah-pecah, hal tersebut pada akhirnya akan membuat kulit tas Anda mudah terkelupas. Jika tas kulit terkena noda, cukup bersihkan bagian yang kotor dengan cairah khusus pembersih tas kulit yang banyak tersedia di toko tas. Jika terdapat noda makanan di tas Anda cukup taburkan bubuk kapur tulis berwarna putih di atas noda, lalu diamkan semalaman. Esok paginya bersihkan sisa kapur tulis dengan menggunakan cairan pembersih khusus bahan kulit.

Perhatikan Penggunaan

Mungkin Scraflover memiliki tas special yang hanya akan digunakan pada saat-saat tertentu saja sehingga Anda berpikir dengan lebih sering menyimpan tas tersebut di dalam lemari akan membuatnya lebih awet. Pernyataan itu sangatlah salah! Tas kulit yang terlalu lama disimpan di lemari malah akan menyebabkan kulit tas tersebut cepat mengelupas, karena elembapan dan kelenturan kulit tas menjadi berkurang. Untuk menghindari hal tersebut, gunakanlah tas kulit Anda secara bergantian ya.

Jangan Menaruh Tas Kulit Dengan Cara Ditumpuk

Dengan menumpukkan beberapa tas kulit, atau menumpuk tas kulit dengan barang lain akan menyebabkan kulit tas saling bergesekan sehingga tekstur kulit  bisa rusak. Simpanlah tas Anda dengan posisi berdiri di dalam lemari dan jejerkan dengan tas atau barang lainnya. Dengan demikian tas kulit akan lebih terawat dan tahan lama meski sudah digunakan bertahun-tahun.

Selain menaruh tas dengan posisi berdiri, Scarfllover juga harus menyimpan tas kulit dengan menggunakan dustbag yang biasanya didapat saat membeli tas. Dustbag yang memiliki tekstur seperti kain tisu tebal berfungsi untuk menjaga tas dari debu serta menjaga kelembapan tas.

dok. poshmark.com

 

Ada baiknya Scarflover juga menaruh silica gel di dalam dustbag agar kelembapan tas semakin terjaga.

Jangan Gunakan Tisu Untuk Mengelap Tas

Tisu ternyata memiliki serat yang tajam sehingga dapat merusak tekstur tas kulit. Untuk mengelap tas, kapas dan kain microfiber lebih baik untuk digunakan, karena memiliki tekstur yang lembut dan tidak akan merusak permukaan tas kuit.

dok. Freepik

 

Cara mengelap tas dengan kapas dan microfiber yaitu, langkah pertama campurkan air bersih dengan sabun berbahan lembut, seperti sabun muka atau soft detegen dengan perbandingan 8:1. Setelah itu masukan cairan tersebut ke dalam botol semprot. Semprotkan cairan pada kapas atau microfiber. Lalu bersihkan tas dengan mengelap searah alur serat bahan kulit.

Hindari Menaruh Tas di Tempat yang Terkena Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari dapat mengubah warna tas kulit. Jika Anda ingin mengeringkan tas kulit, Anda cukup menggantung dan mengangin-anginkan tas di dalam ruangan yang sejuk. Jika sudah kering simpan tas di dalam dustbag dan jangan lupa  berikan silica gel di dalamnya ya! (NP)

Leave A Reply

Your email address will not be published.