SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

Indonesia Ditetapkan Menjadi Wisata Halal No. 1 Di Dunia

Sumber : Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata

0 14

Sangat membanggakan bukan? Bahwasanya Indonesia terpilih sebagai negara pertama yang ditetapkan menjadi Wisata Halal dari 130 negara di Dunia dalam Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019. Hal ini diumumkan di Pullman Hotel, Jakarta oleh CEO Crescent Rating Fazaal Bahardeen. Berkat perjuangannya, Indonesia berhasil menjadi destinasi wisata halal terbaik di Dunia versi GMTI 2019, pencapaian ini mampu menggeser Malaysia, yang sebelumnya pada tahun lalu ditempati oleh negara tersebut di peringkat pertama.

Menteri Pariwisata pun mengatakan “Akhirnya, target yang kita impikan sebagai destinasi wisata halal terbaik di dunia tercapai. Ini membuktikan kemenangan harus direncanakan”. Selain itu, selaku Menteri Pariwisata pun sangat mengapresiasi pencapaian ini, dimana semakin kesini Indonesia mengalami pengingkatan secara signifikan yang awalnya berada di ranking 6 pada tahun 2015, ranking 4 pada 2016, ranking 3 pada 2017, ranking 2 pada 2018, dan tepat tahun 2019 ini menduduki peringkat pertama.

Arief Yahya selaku Menteri Parawisata berharap, dengan adanya prestasi sebagai destinasi halal tourism terbaik Dunia, mampu menarik minat wisatawan baik lokal maupun international untuk berkunjung ke Indonesia. Adapun target yang ingin dicapai oleh Kementerian Pariwisata terhadap kunjungan wisatawan, yaitu sebesa 20 juta wisatawan mancanegara. Banyak wisatawan yang disuguhkan berbagai macam fasilitas pendukung wisata halal, seperti adanya restoran halal yang tersertifikasi, jumah tempat ibadah yang tersebar secara merata, hotel dengan dapur bersertifikasi halal dengan nuansa islami, adanya prayer room di terminal transportasi umum, seperti terminal bus, bandara, stasiun, dan semacamnya.

Keberhasilan Indonesia ini, mengacu pada penilaian GMTI, sehingga membuat Indonesia menjadi peringkat pertama yang terdiri dari empat kriteria, seperti akses, komunikasi, lingkungan, dan layanan. Dengan kemenangan ini, Arief pun mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk membantu dalam peluncuran IMTI (Indonesia Muslim Travel Index) serta melakukan bimbingan tentang teknis (bimtek) serta workshop 10 destinasi pariwisata halal unggulan di Tanah Air, Indonesia.

(Penulis: DA)

Leave A Reply

Your email address will not be published.