SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

Dieng Culture Festival 2019

Dapat merasakan budaya bali yang kental

0 8

Acara Dieng Culture Festival merupakan event tahunan yang selalu diadakan setiap tahunnya, dimana acara inti dari event ini ialah meruwat rambut gimbal anak Dieng sebagai tradisi warisan leluhur. Hal ini sangat menarik perhatian wisatawan lokal sampai dengan mancanegara. Festival ini, juga menyediakan keindahan alam dengan berbagai macam kebudayaan serta tradisi di dataran tinggi Dieng, ditambah pada Jum’at 2 Agustus 2019 lalu, terdapat konser Jazz Atas Awan, acara tersebut merupakan acara tampilnya pentas musik jazz di lapangan yang terbuka tepatnya di Candi Arjuna, Dieng, Jawa Tengah, sehingga para pengunjung bisa menikmati lagu ditambah melihat pemandangan cantik Dieng serta hembusan hawa dinginnya.

Acara ini berlangsung dari tanggal 2 Agustus – 4 Agustus 2019. Dalam festival ini, rangkaian Dieng Culture Festival 2019 untuk lebih lengkapnya terdiri dari Java Coffee Festival, Sarasehan Budaya, Festival Artistik, dan beberapa acara lainnya. Seorang Esthy Reko Astuti selaku Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Management Calender of Event sangat yakin bahwa Dieng Culture Festival 2019 akan dibanjiri oleh wisatawan. Berhubung kondisi di Dieng, Jawa Tengah ini sedang memasuki musim dingin, wisatawan dianjurkan untuk mempersiapkan berbagai perlengkapan seperti baju hangat, jaket, kaos kaki, syal, sarung tangan, tutup kepala, sleeping bag, agar dapat menikmati acara tersebut dengan maksimal.

Tepat pada hari ini, Minggu, 4 Agustus 2019 merupakan inti acara Dieng Culture Festival 2019 yaitu pemotongan rambut gembel atau anak yang memiliki rambut gimbal. Pemotongan rambut gimbal anak ini harus dilakukan dengan melakukan beberapa prosesi upacara, seperti jemasan rambut gembel yang dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB di Dharmasala Komplek Candi Arjuna, lalu ritual adat pencukuran rambut gembel pukul 10.00 WIB di Komplek Candi Arjuna, ketiga pelarurangan rambut gembel yaitu rambut yang dipotong akan dilarung di Telaga Warna atau Telaga Balekembang pada pukul 13.00 WIB, dan sesi terakhir ialah aksi dieng bersih, dimana pada akhir rangakain acara Dieng Culture Festival 2019 ditutup dengan aksi dieng bersih yang dilaksanakan di Komplek Candi Arjuna.

(Penulis : DA)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.