SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

Ayo Kenali Gejala Kekurangan Vitamin D

Jangan sampan meremehkan vitamin yang satu ini.

0 6

Memasuki musim penghujan, cahaya matahari semakin sulit untuk dinikmati. Padahal keberadaan sinar matahari ini juga diperlukan oleh tubuh, karena merupakan salah satu sumber vitamin D. Jika terlalu lama tidak terkena sinar matahari, maka tubuh mungkin saja akan mengalami kekurangan vitamin D.

Padahal vitamin D sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu penyerapan kalsium  guna menjaga kondisi tulang lebih kuat. Sinar matahari yang diserap oleh kulit menjadi salah satu sumber vitamin D terbaik bagi tubuh.

Sebagai tambahan informasi, diketahui bahwa tulang perempuan kondisinya lebih cepat menurun seiring dengan umur, apabila dibandingkan dengan pria. Belum lagi gaya hidup modern di perkotaan membuat para wanita menghabiskan waktu di kantor, dalam kendaraan, mengonsumsi processed food, dan gaya hidup tidak sehat lainnya justru akan memperbesar kemungkinan kurangnya asupan vitamin D.

Photo by Gaddafi Rusli on Unsplash

 

Karena terlalu sering diremehkan bisa jadi Anda tidak menyadari bahwa tubuh Anda kekurangan ‘vitamin sinar matahari’ ini. Berikat adalah lima tanda jira tubuh Anda mengalami kekurangan vitamin D.

1. Merasa sedih

Saat kita merasa senang atau dalam kondisi mood yang baik, otak kita memproduksi hormon serotonin. Hormon ini juga ditemukan terpengaruh dengan eksposur dari cahaya matahari. Semakin banyak cahaya matahari yang diserap tubuh, maka produksi serotonin bisa meningkat. Jadi jika Anda kekurangan vitamin D, maka kemungkinan besar Anda akan lebih mudah merasa sedih dan depresi.

 

2. Tulang Anda terasa sakit

Kurangnya vitamin D dalam tubuh bisa berakibat pada osteoporosis dan melemahnya kondisi tulang Anda. Rasa nyeri pada tulang Anda bisa jadi salah satu tanda tubuh Anda kekurangan vitamin D.

 

3. Anda merasa lemah

Para peneliti di Harvard menemukan relasi antara vitamin D dengan peningkatan kontrol otot. Vitamin D ternyata dapat membantu Anda mengontrol otot sehingga badan terasa kuat dan bugar.

 

4. Berkeringat lebih banyak

Salah satu tanda apabila tubuh kekurangan vitamin D adalah produksi keringat yang meningkat. Gejala ini ditemukan pada bayi-bayi berdasarkan penelitian di Mayo Clinic.

Photo by Florencia Viadana on Unsplash

 

 

5. Masalah pencernaan

Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang larut dalam lemak. Jadi untuk menyerap vitamin D dan mengantarkannya ke bagian tubuh yang membutuhkan diperlukan lemak. Jika Anda menjalani diet rendah atau tanpa lemak, serta memiliki masalar pencernaan, kemungkinan besar tubuh Anda akan memiliki masalah untuk menyerap vitamin D.

 

Jadi bagaimana cara Anda untuk memastikan kebutuhan vitamin D tubuh selalu terpenuhi? Dapatkanlah sinar matahari secara cukup. Jika waktu sehari-hari terasa sempit, luangkanlah waktu berlibur ke daerah yang terkena sinar matahari, seperti pantai. Selain itu seimbangkan pola makan Anda dengan mengonsmsi makanan kaya vitamin D seperti telur, susu, ikan, dan minyak ikan. Atau Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin D, walau tentunya yang alami akan jauh lebih baik dibandingkan suplemen. (DC)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.