SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

Arab Saudi Resmikan Kereta Cepat Antara Mekah dan Madinah

Kereta cepat yang menghubungkan dua kota penting bagi umat Islam.

0 62

Sebuah kabar baik bagi Anda yang berencana untuk melaksanakan ibadah umrah atau haji dalam waktu dekat. Pasalnya kini Kerajaan Arab Saudi baru saja meresmikan kereta cepat, Haramain High-Speed Railway, yang menghubungkan dua kota suci bagi umat Islam, Mekah dan Madinah.

Kereta ini resmi beroperasi mulai Kamis (12/10), dengan kecepatan mencapai 300 km/jam yang bisa memotong waktu tempuh antara Mekah dan Madinah. Biasanya perjalanan Mekah menuju Madinah atau sebaliknya bisa mencapai 4-5 jam perjalanan atau pada musim haji bisa mencapai 10 jam, kini hanya menjadi 2 jam saja dengan menggunakan kereta cepat. Haramain High-Speed Railway ini juga merupakan proyek transportasi terbesar di kawasan Timur Tengah, yang memang dipersiapkan oleh Kerajaan Arab Saudi untuk menyambut para jemaah umrah dan haji yang akan terus bertambah jumlahnya setiap tahun.

Courtesy of Twitter @haramainrailway

 

Sebagai permulaan, kereta ini akan beroperasi empat hari dalam seminggu. Mulai dari hari Kamis hingga Minggu.  Kereta ini mampu mengangkut 417 penumpang dalam sekali perjalanan. Kereta yang berangkat dari Madinah akan berjalan nonstop hingga Mekah. Sementara kereta yang berangkat dari Mekah, akan berhenti di Jeddah, King Abdul Aziz International Airport, dan kawasan King Abdullah Economic City (KAEC).

Untuk pemesanan tiket, akan disediakan beberapa loket yang tersebar di kota-kota tempat pemberhentian. Pemesanan juga bisa dilakukan lewat aplikasi smartphone atau situs resmi Haramain High-Speed Railway. Selain itu para penumpang bisa memilih antara tourist class atau business class yang ditawarkan oleh Haramain High-Speed Railway. (DC)

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.