SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

Agar Tidak Ngantuk Saat Puasa, Ini Tipsnya !

Healthy

0 7

Mengantuk sering kali kita alami jika tubuh kita sedang tidak fit ataupun kurang tidur, minum kopi menjadi salah satu cara untuk mengatasi ngantuk.Tetapi bagaimana jika kita dalam keadaan berpuasa ?

Ngantuk dalam keadaan puasa disebabkan oleh perubahan jam tidur dan kadar gula dalam darah menurun. Karena itu sangat dianjurkan makan atau meminum minuman manis pada saat berbuka.

Ada beberapa cara dalam mengatasi ngantuk saat berpuasa

1. Bergerak atau Jalan Kaki

Jalan kaki selama 10 menit dapat mengurangi ngantuk, karena tubuh kita dapat dengan maksimal mempompa oksigen ke dalam pembuluh darah dan otak sehingga rasa kantuk bisa dihilangkan. Coba untuk bergerak atau berjalan di sekitar kantor setelah itu anda dapat kembali bekerja dengan rasa yang segar.

2. Tidur Siang

Jika rasa ngantuk tidak bisa tertahankan lagi, coba untuk tidur siang sebentar selama 10-20 menit dapat membantu mata menjadi segar kembali.

3. Jangan Terlalu Lama Menatap Layar Komputer

Jika terlalu lama menatap layar komputer dapat membuat mata menjadi cepat lelah dan jadi cepat mengatuk. Alihkan pandangan anda dari layar komputer selama 20 detik, ulangi setiap 20 menit. Cara ini dapat membantu mata kembali jadi rileks dan segar.

4. Mengobrol

Dengan mengobrol akan meningkatkan tingkat kewaspadaan serta kemampuan berkonsentrasi.Menjadikan rasa kantuk akan hilang sedikit – sedikit dengan sendirinya.

5. Ambil Nafas Panjang

Menarik nafas dalam – dalam dapat membantu kadar oksigen ke dalam otak meningkat. Hal ini dapat membantu menambah energi, memicu kinerja otak, dan mengurangi rasa kantuk. Duduk dengan posisi tegak, taruh tangan di bagian perut dan nafas sedalam – dalamnya sampai perut terisi dengan udara, lalu keluarkan perlahan melalui mulut. Lakukan beberapa kali sampai tubuh anda terasa segar.

6. Tidur Yang Cukup

Tidur yang cukup dan berkualitas pada malam hari, sehingga membantu kinerja dan metabolisme tubuh menjadi lebih stabil. Bangun pagi pun akan terasa lebih segar dari biasanya. Hindari begadang dan tidurlah lebih cepat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.