SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

8 tips meminum kopi dengan cara yang sehat

Health

0 11

Bagi para penikmat kopi, pasti sudah tau apa saja khasiat kopi untuk kesehatan. Banyak pakar kesehatan mengatakan bahwa kopi sebenarnya minuman yang paling sehat. Kopi dapat menjadi antioxidant jika sedang dalam keadaan diet, mempunyai khasiat lebih baik daripada buah dan juga sayur.

Kopi memang punya beberapa manfaat seperti menambah energi, meredakan sakit kepala, mengurangi resiko diabetes tipe II, dan masih banyak lagi. Tetapi jangan sampai berlebihan dalam mengkonsumsi kopi karena akan menyebabkan menganggu pencernaan dan insomnia.

Ini beberapa tips untuk menikmati kopi dan mendapatkan khasiatnya.

1. Tidak Minum Kopi Setelah Jam 2 Siang

sumber : metrobali.com

Kafein menstimulasi energi yang ada di badan dan membantu scarflover terjaga, jika dalam keadaan lelah. Tapi jika scarflover meminum kopi pada sore hari itu akan membuat waktu tidur menjadi terganggu. Tapi jika scarflover memang harus meminum kopi pilihlah yang non kafein atau secangkir teh yang mengandung kafein yang sedikit.

2. Jangan Mencampur Kopi Dengan Gula

sumber : pexels.com

Gula adalah pemanis yang sangat sering digunakan dalam kopi. Tapi jika kita mencampur kopi dengan gula itu akan membuat penyakit ditubuh kita seperti diabetes dan obesitas. Scarflover bisa mengganti gula dengan pemanis alami seperti madu atau gula merah.

3. Pilihlah Kopi Organik

sumber : majalahotten.com

kopi organik adalah kopi yang produksi kopinya tidak menggunakan zat sintetis seperti pestisida, herbisida dan pupuk buatan. Ditambahkan lagi label organik diberikan hanya jika 95% biji kopi tersebut berasal dari pohon kopi yang ditanam di bawah ‘kondisi’ yang organik dan alami. Pestisida yang terdapat di biji kopi dapat merusak kesehatan manusia yang mengkonsumsi kopi tersebut, jika scarflover ragu dengan kopi berpestisida disarankan untuk mengkonsumsi kopi organik.

4. Hindari Minum Berlebihan

sumber : rawpixel.com

Lebih baik menikmati kopi berkafein sehari 1,1 mg per pound atau 2.5 mg per kg. Satu gelas kopi biasanya mengandung 95 mg kafein. Jika sudah melebihi 400 – 600 mg atau setara dengan 4-6 kopi itu akan membuat metabolisme tubuh menjadi terganggu.

5. Tambahkan Cinnamon Pada Kopi

sumber : topcoffee.com

Cinnamon membuat kopi lebih terasa enak dan juga mempunyai khasiat seperti, menurukan glukosa darah, kolesterol, dan diabates. Tambahkan sedikit cinnamon pada kopi scarflover akan mendapat khasiat dari rempah tersebut, jangan menambahkan terlalu banyak karena akan menyebabkan efek samping.

6. Jangan Mengkonsumsi Low Fat dan Krimer Buatan

sumber : productnation.com

Daripada menambah krimer ke dalam kopi lebih baik menambah susu sapi yang terbukti lebih sehat karena mengandung vitamin K. Low fat krimer dapat menyebabkan penyumbatan arteri dan penyakit jantung.

7. Tambahkan Coklat Pada Kopi

sumber : resepharini.com

Coklat mempunyai kandungan antioxidant yang banyak, dapat membantu untuk mengurangi penyakit hati dan menstimulasi kesehatan tubuh.

8. Seduh Kopi Menggunakan Filter Kertas

sumber : tokopedia.com

Menyeduh kopi dengan kertas saring secara efektif menurunkan jumlah cafestol tetapi tidak menghilangkan kafein dan antioksidan. Cafestol sendiri dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Sehingga dengan penggunaan kertas filter dapat mengurangi cafestol.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.