SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

6 Tips Untuk Melindungi Mata dari Radiasi Layar Gadget

Jangan sepelekan kesehatan mata Anda.

0 7

Sebagai masyarakat modern, kita tidak bisa benar-benar lepas dari penggunaan gadget. Kemajuan teknologi membuat banyak aktivitas kita yang melibatkan peran gadget, mulai dari kebutuhan akan informasi, komunikasi, hingga hiburan.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dari kebiasaan menggunakan gadget adalah masalah kesehatan mata. Karena bahaya radiasi layar gadget bisa membawa pengaruh buruk bagi mata Anda. Agar kesehatan mata tetap terjaga, berikut tips yang bisa Anda praktekan.

  1. Berkedip

Normalnya dalam semenit kita berkedip sebanyak 15 kali. Namun terkadang kita terlalu fokus melihat layar sehingga lupa untuk berkedip. Hal ini bisa membuat mata kering dan iritasi, untuk itu usahakan untuk berkedip sesering mungkin untuk menjaga mata tetap lembap.

 

  1. Aturan 20-20-20

Yang dimaksud dengan aturan 20-20-20 adalah istirahat 20 detik setiap 20 menit dengan melihat benda yang jaraknya sejauh 20 kaki. Cara ini mudah untuk diterapkan dan dapat membantu mata untuk beristirahat dari layar gadget.

 

  1. Sesuaikan kenyamanan

Saat menggunakan komputer atau laptop, posisikan jarak layar adalah sepanjang lengan tangan dari mata kita. Perhatikan juga pencahayaan dan penataan ruangan, hal ini dapat membantu menjaga agar mata tidak mudah lelah.

 

  1. Tingkatkan ukuran teks

Membaca tulisan dengan huruf yang kecil dapat membuat mata lebih cepat lelah, untuk itu tingkatkan ukuran teks untuk meringankan beban mata.

 

  1. Atur kecerahan layar

Sesuaikan pencahayaan ruangan dengan kecerahan cahaya dari layar gadget. Layar yang terlalu gelap atau terlalu silau sama-sama tidak baik bagi kesehatan mata.

 

  1. Periksakan mata

Selalu rutin periksakan kesehatan mata setidaknya setiap 1-2 tahun sekali agar kita tahu bagaimana kondisi mata kita dengan lebih baik. (AUL)

Leave A Reply

Your email address will not be published.