SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

6 Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Menurunkan baby weight setelah melahirkan

0 8

Setelah melahirkan badan menjadi agak membesar karena baby weight yang masih ada selama mengandung. Beberapa perempuan ada yang naik 11,5 – 16 kg selama 9 bulan mengandung. Kenaikan badan ini dapat disebabkan oleh lemak yang berlebih. Lemak ini digunakan untuk energi sang ibu saat melahirkan dan juga menyusui. Tapi kelebihan lemak saat mengandung dapat mengakibatkan diabetes, penyakit jantung, dan resiko komplikasi saat mengandung.

Beberapa tips ini dapat membantu Anda dalam mengurangi beberapa kilogram berat badan yang berlebih.

  1. Jangan Melakukan Diet Rendah Kalori

Diet rendah kalori dapat membantu Anda mengurangi berat badan dengan waktu yang singkat. Tapi setelah melahirkan Anda membutuhkan kalori yang cukup untuk menyusui dan energi untuk merawat bayi. Dengan melakukan diet rendah kalori, tubuh Anda akan cepat lelah dan kurangnya nutrisi pada tubuh.

  1. Hitung Kalorimu

Dengan menghitung kalori dapat membantu Anda berapa banyak yang Anda makan. Selain itu, dapat membantu Anda juga mendapatkan energi dan nutrisi yang cukup. Anda dapat memakai aplikasi untuk perhitungan kalori atau tulis kedalam buku, dengan cara ini Anda bisa mengatur porsi makan dan dapat mengurangi berat badan dengan bertahap.

  1. Makanan Tinggi Serat

Memakan makanan tinggi serat dapat membantu Anda mengurangi berat badan setelah melahirkan. Pilihlah makanan yang mempunyai serat yang mudah larut atau soluble fiber. Soluble fiber dapat membantu menurunkan berat badan dengan membuat perut kenyang lebih lama dan mengatur hormon nafsu makan.

  1. Hindari Makanan Olahan

Makanan yang membutuhkan olahan seperti fast food, kentang goreng, kue, permen dan makanan instant dapat. Makanan olahan mengandung tambahan gula, lemak, garam dan kalori yang buruk bagi kesehatan Anda. Gantilah dengan makanan segar dan utuh untuk membantu Anda menurunkan berat badan.

  1. Mulailah Berolahraga

Memulai olahraga kardio seperti berjalan, jogging, berlari, bersepeda, dan latihan interval, dapat membantu Anda membakar kalori dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Olahraga meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko diabetes dan dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Sebelum memulai berolahraga Anda harus mengetahui berapa lama proses penyembuhan setelah melahirkan. Karena setelah melahirkan daerah panggul dan perut akan memakan waktu untuk sembuh, terutama jika Anda telah menjalani operasi caesar.

  1. Menyusui

Menyusui dapat membantu menurukan berat badan setelah melahirkan. Dalam 3 bulan pertama tidak akan kelihatan berat badan menurun tapi dalam 3 bulan selanjutnya berat badan akan dapat turun mencapai 1,68 kg. Tidak hanya membantu menurukan berat badan menyusui juga mempunyai berbagai manfaat yaitu memberikan nutrisi pada bayi, mendukung sistem kekebalan tubuh bayi, mengurangi ukuran rahim, menurukan resiko penyakit terhadap bayi, dan mengurangi resiko penyakit pada ibu.

Bagi Anda yang menyusui, penelitian telah menunjukkan bahwa penurunan berat badan ini tidak memiliki efek negatif pada produksi ASI atau pertumbuhan bayi.

(Penulis: DP)

Leave A Reply

Your email address will not be published.