SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

6 Mengenal Istilah Makeup yang Perlu Anda Ketahui

Agar tak lagi bingung setiap menonton makeup tutorial di YouTube.

0 23
Bicara mengenai dunia tata rias atau makeup, tentunya Anda sebagai seorang perempuan sering berburu inspirasi dan mengintip video makeup di YouTube oleh beauty vlogger atau beauty guru favorit. Dalam tutorialnya, terkadang para beauty guru menggunakan istilah-istilah kecantikan yang terdengar asing di telinga. Agar Anda tak menebak-nebak lagi artinya, berikut kami rangkum beberapa istilah dalam kecantikan yang wajib Anda ketahui.
  • Cakey
Istilah yang satu ini pasti terdengar familiar di telinga Anda. Cakey merupakan salah satu hal yang harus Anda hindari saat memakai makeup, kenapa? Cakey biasanya disebabkan oleh penggunaan foundation atau powder yang terlalu berlebihan, sehingga makeup terlihat menggumpal dan tak menempel dengan baik di kulit Anda.
Banyak cara untuk menghindari hasil makeup agar tak terlihat cakey, salah satunya adalah jangan terlalu banyak menggunakan foundation dan powder. Namun jika Anda dalam kondisi yang mengharuskan untuk ber-makeup secara tebal, Anda bisa menggunakan setting spray usai makeup, hal ini tentunya akan mengurangi kesan cakey dan makeup Anda akan tahan lebih lama.
Dok. Freepik
  • Creasing
Bagi Anda yang memiliki masalah mata panda, concealer merupakan produk makeup andalan sebagai penolong untuk meng-cover area kehitaman tersebut. Namun, beberapa masalah terkadang timbul saat tengah menggunakan concealer, salah satunya adalah creasing. Creasing merupakan keadaan di mana concealer Anda bergerak kebawah atau bisa juga disebut melting. Creasing ini lebih cepat terjadi pada orang yang memiliki kulit berminyak karena masalah utama creasing adalah minyak.
Creasing akan menyebabkan concealer Anda turun dan menggumpal di fine line sehingga membuat garis-garis di wajah Anda sangat terlihat. Creasing tidak hanya terjadi pada concealer, foundation bahkan eyeshadow pun memungkinkan untuk creasing bisa terjadi. Tapi jangan khawatir, untuk menghindari masalah yang satu ini, Anda bisa mencegahnya dengan set concealer menggunakan face powder. 
Dok. Freepik

 

  • Oxidized
Oxidized merupakan reaksi kimia ketika produk BB cream atau foundation bereaksi dengan udara atau oksigen. Biasanya produk BB cream atau foundation yang teroksidasi tampilannya akan berubah warna menjadi dua kali lebih gelap atau terlihat oranye dari kulit natural Anda.
Untuk itu,  Anda harus lebih cermat dalam pemilihan shade foundation dan usahakan pilih shade yang hampir sama dengan warna kulit Anda, jangan sampai terlalu gelap atau terang!

 

  • Baking
Istilah baking dalam dunia makeup saat ini terbilang sedang happeningBaking adalah teknik terbaru untuk membuat makeup Anda agar lebih tahan lama. Agak sedikit mirip dengan setting, hanya saja jika setting artinya setelah Anda memakai concealer, Anda cukup mengaplikasikan face powder menggunakan brush atau sponge. Sementara pada teknik baking, Anda menggunakan translucent powder pada spons dan langsung Anda aplikasikan pada bawah mata atau tempat di mana concealer Anda aplikasikan. Setelah Anda aplikasikan ke wajah, tunggu beberapa saat lalu sapu semua powder dengan brush apapun sampai benar-benar bersih dan terihat rapi.
Teknik baking dipercaya ampuh mencegah concealer Anda dari creasing dan membuat makeup Anda akan  tahan lebih lama bahkan saat  berkeringat sekalipun.
Dok. Freepik

 

  • Pigmented
Pigmented ini adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan bahwa suatu produk mengandung banyak pigmen warna yang menyebabkan produk tersebut warnanya sangat ‘keluar’ saat diaplikasikan.
Contohnya dalam produk eyeshadow, produk eyeshadow yang pigmented hanya dengan sekali ulas, warnanya akan sangat keluar. Berbeda dengan produk eyeshadow yang kurang pigmented, butuh beberapa kali pengaplikasian agar warnanya terlihat dengan jelas.
  • Coverage
Ketika Anda membeli produk foundation atau BB Cream , Anda pasti sering menemui istilah kecantikan yang satu ini. Coverage merupakan daya tutup yang diberikan produk. Semakin tinggi coverage-nya, tak hanya warna kulit yang tertutup dan menjadi rata, namun pori-pori dan bintik hitam Anda pun bisa tersamarkan dengan baik.
Coverage dalam sebuah produk umumnya dibagi ke dalam 3 jenis yaitu sheer coverage, medium coverage, dan full coverage. Sheer coverage artinya produk tersebut memberi tampilan makeup yang ringan, mirip seperti kulit asli hanya terlihat sedikit lebih terpoles. Kekurangan kulit Anda juga tidak bisa tersamarkan dengan sempurna. Coverage yang satu ini dapat Anda temui pada produk makeup sehari-hari seperti tinted moisturizer dan BB Cream.
Dok. Freepik
Berbeda dengan medium coverage yang mampu menyamarkan noda di wajah dan memiliki tekstur yang sedikit lebih kental. Dan terakhir, full coverage yang bisa menutupi kekurangan pada wajah seperti kemerahan, bekas jerawat, bahkan tanpa bantuan concealer sekalipun. (FIA)

Leave A Reply

Your email address will not be published.