SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

6 Jenis Bunga yang Baik Bagi Kulit Anda

Bahan alami untuk kecantikan kulit Anda.

0 28

Selain indah untuk dipandang, bunga juga memiliki banyak manfaat lain mulai dari untuk kesehatan hingga kecantikan. Banyak orang yang menyukai produk skincare yang mengandung ekstrak bunga, alasannya karena terbuat dari bahan yang alami dan memiliki harum bunga yang khas. Lalu bunga apa saja yang populer dijadikan sebagai bahan produk kecantikan?

  • Bunga sakura

Bunga sakura atau cherry blossom terkenal sebagai lambang kecantikan perempuan Jepang. Kaya akan kandungan antioksidan dan zat melantonin, ekstrak bunga sakura dapat membantu menghambat tirosinase berlebih sehingga regenerasi pigmen melanin kulit lebih merata. Bunga sakura juga mengandung jojoba oil yang dapat mengangkat sel kulit mati, sehingga wajah tampak lebih putih dan cerah.

Dok. Senka

 

Produk skincare dengan kandungan bunga sakura yang mungkin sudah tak asing adalah Senka Perfect Whip Vibrant White. Facial foam yang sedang digandrungi ini diperkaya dengan white cocoon essence dan fuji sakura essence untuk membantu kulit tampak lebih lembap dan cerah.

 

  • Bunga mawar
Photo by ORNELLA BINNI on Unsplash

Tak hanya dijadikan sebagai simbol kasih sayang, bunga mawar juga memiliki banyak khasiat bagi kecantikan lho!  Mulai dari skincare lokal, Korea, sampai Barat, memanfaatkan ekstrak bunga mawar dalam produknya karena bunga mawar memiliki efek menenangkan dan meredakan kulit iritasi. Kandungan vitamin A, E, dan F yang kaya antioksidan dalam bunga mawar juga cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif dan berjerawat karena dapat membantu menyembuhkan jerawat pada wajah.

Courtesy of Instagram @freshbeauty

 

Fresh Rose Deep Hydration Facial Toner merupakan salah satu produk skincare dengan kandungan mawar. Selain mengandung kelopak bunga mawar sungguhan, produk ini juga diformulasikan dengan air mawar, minyak mawar, dan ekstrak mawar.

 

  • Bunga anggrek
Photo by John Wiesenfeld on Unsplash

Bunga anggrek dikenal baik untuk membantu cegah penuaan dini, maka dari itu ekstrak dari bunga ini biasa ditemukan pada rangkaian skincare anti-aging. Dengan fungsi rejuvenating, ekstrak bunga anggrek dapat bantu cegah kulit dari munculnya garis halus serta kerutan. Kandungan senyawa anthocyanin, flavonoid, dan polisacarida pada bunga anggrek juga mampu menutrisi dan menjadi sumber gizi bagi kulit.

Courtesy of Instagram @innisfreeindonesia

 

Innisfree Orchid Enriched merupakan salah satu skincare dengan kandungan bunga anggrek yang sudah tak asing lagi. Produk ini bahkan menjadi rahasia awet muda yang digemari oleh banyak perempuan.

 

  • Bunga chamomile
Photo by Ioana Cristiana on Unsplash

Bunga chamomile atau dalam bahasa Indonesia disebut kamomil, tak hanya populer sebagai varian teh, namun ternyata juga baik untuk dijadikan perawatan wajah Anda. Tanaman yang hanya tumbuh di Eropa serta Asia yang memiliki empat musim ini dikenal sebagai anti-inflamasi yang cocok untuk kulit yang kemerahan akibat iritasi, over-exvoliation, bahkan eksim. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, skincare dengan kandungan chamomile dapat menjadi pilihan Anda.

Dok. Sensatia Botanicals

Dari deretan skincare dengan bahan chamomile, Sensatia Botanical Natural Facial Toner Chamomile Tea merupakan salah satu yang layak Anda coba. Produk dari brand lokal asal Bali ini tak hanya memberi efek menenangkan pada kulit, juga bisa membantu hapus kotoran yang belum terangkat dengan sempurna dengan pembersih.

 

  • Bunga lotus
Photo by he wang on Unsplash

Dibandingkan dengan bahan lain, khasiat bunga lotus memang jarang terdengar. Namun, bunga ini memiliki banyak manfaat untuk kulit seperti menjaga elastisitas, melembabkan, hingga mengontrol minyak berlebih. Kandungan antioksidannya juga dapat membantu lawan radikal bebas dan mencegah penuaan dini.

Dok. Fresh

 

Fresh Lotus Youth Preserve Face Cream adalah salah satu moisturizer dengan ekstrak lotus yang dapat Anda coba. Produk ini dapat menghidrasi kulit dan membuatnya terlihat lebih segar dan sehat.

 

  • Bunga calendula

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan berjerawat, skincare dengan kandungan bunga calendula mungkin dapat menjadi jawaban dari masalah Anda karena bunga ini memiliki sifat yang dapat menenangkan kulit dan mengandung anti-bakteri yang ampuh atasi luka. Bunga calendula juga dapat melembapkan kulit dan mencegah penuaan dini.

Courtesy of Instagram @kiehls

Masker gel ringan Kiehl’s Calendula & Aloe Soothing Hydration Masque merupakan produk yang diformulasikan dengan kelopak bunga calendula dan lidah buaya. Selain dapat melawan jerawat, masker ini juga memberi sensasi dingin yang menyegarkan ketika diaplikasikan. (AUL)

Leave A Reply

Your email address will not be published.