SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

5 Tips Mencukur Ketiak Yang Baik Untuk Mencegah Iritasi

Dan tidak membuat ketiak hitam

0 5

Sebagai muslimah menjaga kebersihan badan menjadi hal yang wajib dan sudah termasuk kedalam sunnah. Termasuk mencukur bulu ketiak, dengan mencukur bulu ketiak secara rutin dapat menjaga kesehatan ketiak, kotoran, dan kulit mati yang menempel dapat terkikis.

Selama proses mencukur bulu ketiak harus hati – hati jangan sampai membuat kulit ketiak menjadi iritasi dan luka akibat tergores alat cukur. Iritasi kulit pada ketiak akan menyebabkan ketiak menjadi berwarna hitam.

Scarfmedia berikan beberapa tips untuk kalian Scarflover yang ingin mempunyai ketiak bebas bulu, sehat, dan bebas iritasi.

  1. Aplikasikan Pelembab
sumber: pinterest

Sebelum mencukur bulu pada ketiak aplikasikan dahulu moisturizer lotion pada ketiak untuk mengurangi iritasi. Lebih baik memilih lotion yang mengandung argan atau olive oil. Oleskan lotion atau minyak pada ketiak 24 jam sebelum mencukur supaya lebih menyerapa dan membuat kulit lebih elastis.

  1. Pilih Pisau Cukur Sesuai Kebutuhan
sumber: pinterest

Pemilihan pisau cukur yang bagus dan sesuai kebutuhan merupakan bagian terpenting untuk mengurangi iritasi. Pisau cukur dengan pivoting handle (mudah diputar) akan menyesuaikan dengan lekukan ketiak sehingga memudahkan banget untuk menjangkau area-area sulit. Pilih juga kepala cukur yang memiliki multiple blade supaya nggak ada rambut yang tertinggal, alias tercukur habis.

  1. Oleskan Gel / Krim Cukur
sumber: Pinterest

Pengolesan gel / krim cukur dapat membantu pisau cukur lebih smooth saat mencukur dan rambut ketiak pun akan lebih mudah terangkat. Gel / krim cukur juga meminimalisir iritasi pada kulit ketiak.

  1. Arah Cukur Yang Tepat
sumber: Pinterest

Arah tumbuh rambut pada ketiak cenderung berbeda – beda. Sebelum mencukur pastikan arah cukur sudah sesuai pertumbuhan rambut. Gerakkan alat cukur ke bawah, lalu menyamping. Saat menggerakkan alat cukur, dipastikan alat cukur menyentuh rambut ketiak dan jangan terlalu keras mencukur. Salah aplikasi kulit bisa tersayat.

  1. Cegah Ingrown Hair
sumber: shopee.id

Setelah mencukur pakailah produk ini mengandung bahan exfoliating seperti salisilat (salicylic) atau asam glikolat (glicolic acid), yang dapat mengangkat sel kulit mati sehingga rambut takkan terperangkap di bawah kulit. Rambut yang menumbuh kedalam akan mengakibatkan benjolan hitam pada ketiak. Hindari produk yang mengandung alkohol.

(Penulis: DP)

Leave A Reply

Your email address will not be published.