5 Negara yang Terkena Banjir di Tahun 2019

Climate change is real

51

Hujan yang mengguyur Jabodetabek sejak siang 31 Januari 2019 hingga 1 Januari 2020 menyebabkan sebagian wilayah tersebut terendam banjir. Akibat musibah banjir ini, berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ada 16 orang nyawa melayang dan 31.000 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Semua kegiatan di daerah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Tangerang dan Bekasi mengalami hambatan. Banyak jalur transportasi dan KRL yang terendam air. Menurut BMKG hujan akan terus terjadi hingga 3 hari kedepan.

Tak hanya di Jabodetabek, bencana banjir ini pun juga dialami di beberapa negara di dunia. Terdapat 5 negara yang mengalami bencana banjir di tahun 2019.

  1. Venice, Italia

Venesia kota tua di Italia mengalami banjir selama seminggu. Banjir tersebut dikarenakan luapan air laut yang pasang. Bencana tersebut mengakibatkan 85% jalanan di Venesia lumpuh dan beberapa tempat wisata pun ditutup. Ketinggian air di Venesia mencapai 1,8 meter pada November 2019.

  1. Nepal, Kathmandu

Banjir bandang di bulan Juli 2019 yang melanda Nepal menewaskan 15 orang, 12 orang luka – luka, dan 16 orang menghilang. Banjir bandang yang terjadi diakibatkan hujan besar yang terus mengguyur daerah Nepal selama 3 hari berturut – turut. Banjir bandang ini pun mengakibatkan tanah longsor yang mengakibatkan properti warga banyak yang rusak.

  1. Nagano, Jepang

Oktober 2019 Jepang dilanda bencana alam Topan Hagibis yang menyebabkan banjir tinggi dan menewaskan sekitar 26 orang. Luapan sungai Chikuma menyebabkan ketinggian air meningkat hingga 2,5 meter. Terdapat 1.417 warga yang dievakuasi. Selain banjir bencana ini juga menyebabkan banyak rumah warga rusak parah.

  1. Karnataka, India

Daerah Karnataka, India juga mengalami bencana banjir pada Oktober 2019. Bencana yang disebabkan hujan deras yang membuat air sungai menjadi meluap dan membuar banjir hingga 2 meter. Banyak rumah yang tertutup dengan lumpur hingga 3,6 meter sehingga memperhambat evakuasi warga yang terjebak di dalam rumah. Sebanyak 147 warga tewas karena bencana ini.

  1. Manila, Philippines

Hujan besar yang terjadi di Manila, Philippines menyebabkan banjir yang menganggu aktifitas lalu lintas transporatsi. Walaupun tidak ada warga yang tewas, tetapi banjir ini pun sempat melumpuhkan beberapa aktifitas. (DP)