SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

5 Manfaat Kesehatan Mengkonsumsi Dark Chocolate

Untuk penyuka coklat wajib tau ini

0 3

Coklat memang sudah menjadi makanan kecil yang disukai banyak orang. Coklat pun mempunyai bermacam – macam jenisnya ada dark chocolate, white chocolate, dan milk chocolate. 3 jenis coklat ini mempunyai manfaatnya masing – masing untuk kesehatan, tapi dark chocolate merupakan coklat yang mempunyai rasa asli coklat dari lainnya, karena tidak ada campuran apapun.

Pencampuran bahan tidak terjadi pada dark chocolate, membuatnya mempunyai kandungan asli biji coklat, yang berguna untuk kesehatan tubuh. Apa sajakah itu ?

1. Mengandung Nutrisi Yang Banyak

sumber: amazon.in

Jika Scarflover membeli coklat dengan kandungan cocoa yang tinggi, berarti Scarflover sudah mengkonsumsi coklat dengan nutrisi dan serat yang tinggi. Pada 100 gram coklat dengan cocoa 75-80% mengandung 11 gram serat, 67% iron, 58% magnesium, dan lainnya.

2. Kaya Akan Antioksidan

sumber: madecasse.com

Biji kakao yang belum diolah mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Biji kakao yang telah diproses menjadi dark chocolate mengandung bahan organik yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Coklat memiliki antioksidan lebih tinggi daripada buah – buahan seperti blueberry dan acai berry.

3. Dapat Meningkatkan Aliran Darah dan Menurunkan Tekanan Darah

sumber: darwinianmedicine.com

Flavanol dalam dark chocolate dapat merangsang endotelium dan lapisan arteri untuk menghasilkan nitric oxide (NO). Salah satu fungsi NO adalah mengirim sinyal ke arteri untuk bersantai, yang menurunkan resistensi terhadap aliran darah, sehingga dapat mengurangi tekanan darah. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa coklat dan dark chocolate dapat meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah, meskipun efeknya ringan.

4. Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

sumber: runnersworld.com

Mengkonsumsi dark chocolate lebih dari 5 kali per minggu menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 57%. Coklat dapat menurunkan tekanan darah dan LDL (kolesterol jahat) teroksidasi, itulah mengapa coklat juga dapat menurunkan penyakit jantung. Studi ini sudah di uji coba oleh para dokter.

5. Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

sumber: health.harvard,edu

Suatu studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi kakao dengan flavanol tinggi selama lima hari meningkatkan aliran darah ke otak. Kakao juga dapat secara signifikan meningkatkan fungsi kognitif pada orang tua dengan gangguan mental. Ini dapat meningkatkan verbal dan beberapa faktor risiko penyakit, Selain itu, kakao mengandung zat stimulan seperti kafein dan theobromine, yang mungkin menjadi alasan utama mengapa coklat dapat meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek.

(Penulis: DP)

Leave A Reply

Your email address will not be published.