SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

5 Keutamaan Surat Al Kahfi

0 15

Surat Al Kahfi merupakan salah satu surat yang ada di dalam Al Quran. Surat ini ada di dalam juz 15 dan di awal juz 16. Surat Al Kahfi termasuk surat Makiyyah yang diturunkan di Makkah. Dalam surat Al Kahfi, terdapat 110 ayat.

Seorang ulama, Dr. Muhammad Bakar Ismail dalam Al-Fiqh al Wadhih min al Kitab wa al Sunnah menjelaskan bhawa membaca surat al kahfi merupakan salah satu amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan pada malam dan hari Jum’at adalah membaca surat Al-Kahfi.

Tapi, tidak hanya baik dibaca pada hari Jumat, surat Al Kahfi juga sangat baik dibaca dan diamalkan pada setiap hari.

Berikut ini, 5 manfaat yang bisa diperoleh dalam membaca surat Al Kahfi

1. Menghindarkan diri dari fitnah dajjal

Kaum muslimin yang membaca surat Al Kahfi di hari Jumat akan terhindar dari fitnah dajjal yang keji. Umat islam yang membaca surat Al-Kahfi pada Hari Jumat akan menghindar dari fitnah dajjal yang keji. Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)

2. Mendapatkan Ridho Allah SWT

Membaca surat Al Kahfi bisa mendapatkan cahaya dan menghilangkan hati yang gundah gulana. Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadist bahwa Rasullullah SAW bersabda :

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).

3. Diampuni Dosanya oleh Allah SWT

Sebagai seorang manusia, tentu tak luput dari dosa. Sebab, setan hadiruntuk menggoda manusia untuk berbuat dosa dan khilaf. Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang mau bertobat dan salah satunya adalah dengan membaca surat Al Kahfi. Diriwayatkan dalam sebuah hadist bahwa Rasullulah SAW bersabda bahwa

‘Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jum’at.’”.

4. Terhindar dari Gangguan Setan

Mendekatkan diri kepada Allah dan meminta pertolongan dari godaan setan dengan membaca juga mengamalkan surat Al Kahfi. Sebuah hadist yang oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, bahwa sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al-Khafi dan surat Al-Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut.

5. Disinari Cahaya Kebaikan

ScarfLover yang membaca surat Al Kafhi di hari Jumat atau setiap harinya bisa mendapatkan pahala dan cahaya kebaikan serta diberkahi saat hari pembalasan. Cahaya tersebut akan diberikan Allah SWT di hari kiamat dan cahaya tersebut akan memancar dari kedua telapak kakinya hingga sampai ke langit.

Jadi, jangan lupa Surat Al Kafhinya ya ScarfLover.

Leave A Reply

Your email address will not be published.