SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

5 Aturan Yang Perlu Anda Tahu Saat Mengaplikasikan Maskara

Untuk mendapatkan bulu mata yang terlihat indah dan tebal.

0 29
Bulu mata yang lentik dan tebal adalah salah satu dambaan perempuan. Sebab bulu mata yang lentik dapat membuat mata lebih ‘hidup’ dan terlihat indah. Salah satu cara mudah untuk membuat bulu mata terlihat lebih lebat. Penggunaan maskara dalam rutinitas merias wajah sehari-hari bagi para perempuan memang sulit diabaikan.
Di samping berbagai manfaat yang ditawarkan oleh maskara mulai dari melentikkan hingga membuat bulu mata terlihat lebih panjang, ternyata dalam pengaplikasiannya Anda juga harus mengikuti aturan yang tepat. Jika tidak, maka maskara yang Anda pakai hanya akan membuat bulu mata Anda tampak turun, menggumpal, bahkan cepat luntur, tentunya hal tersebut akan menganggu penampilan Anda.
Karena selain Anda akan mendapatkan bulu mata yang indah, kesehatan bulu mata Anda juga dipengaruhi oleh bagaimana Anda mengaplikasikan maskara. Untuk itu, simak beberapa aturan yang harus Anda tahu saat mengaplikasikan maskara!
1. Kenali jenis maskara terlebih dahulu
Saat Anda membeli maskara, tentu ada beberapa pilihan jenis maskara yang Anda temukan, mulai dari jenis curler, lengthening, sampai high volume. Jangan menganggap bahwa variasi jenis maskara tersebut hanya promosi untuk penjualan saja.
Courtesy of Instagram @essence_cosmetics
Nyatanya, memang setiap jenis maskara mempunyai hasil yang berbeda pada bulu mata, tergantung dari jenis maskara yang digunakan. Hal ini dipengaruhi oleh faktor formula dari maskara dan juga sikat yang digunakan. Untuk itu, cari tahu dulu kebutuhan bulu mata seperti apa yang Anda inginkan. Apakah ingin bulu mata lebih lentik, tebal, atau sekedar panjang, kemudian baru Anda pilih jenis maskara yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
2. Hindari melentikkan bulu mata setelah pakai maskara
Aturan memakai maskara yang harus Anda ketahui selanjutnya adalah hindari melentikan bulu mata dengan penjepit setelah pakai maskara. Bulu mata yang sudah ditempeli maskara akan menjadi lebih kaku dan jika Anda memakai penjepit bulu mata setelahnya , hanya akan membuat bulu mata rontok dan lapisan maskara terangkat.
Pixabay

 

Cara terbaik untuk melentikan bulu mata agar mendapatkan bulu mata yang indah dan tampak alami adalah dengan menjepitnya sebelum menggunakan maskara. Anda juga tidak perlu menjepit berulang-ulang, karena akan membuat bulu mata cepat rontok.
3. Perhatikan teknik mengaplikasikan maskara
Teknik menggunakan maskara merupakan salah satu bagian penting dalam membuat bulu mata Anda tampak lentik. Seringkali dari kita ternyata masih mengaplikasikan maskara dengan teknik yang salah, misalnya dengan gerakan pengaplikasian hanya ke atas, padahal hal tersebut akan membuat maskara yang Anda aplikasikan menjadi tidak merata dan hanya mengenai sebagian bulu mata saja.
Freepik
Teknik menggunakan maskara yang tepat adalah dengan teknik menyeluruh, yakni dari bawah ke atas dan dari atas ke bawah kemudian diterapkan dengan cara di tekan dan di sisir dengan zig zag. Mengaplikasikan maskara dengan teknik yang tepat akan membuat bulu mata Anda lentik dengan sempurna.
4. Gunakan primer maskara
Sama seperti primer untuk wajah maupun eyeshadow pada umumnya, fungsi primer untuk bulu mata juga digunakan agar hasil maskara lebih maksimal dan tahan lebih lama.

Primer untuk bulu mata memiliki bentuk persis seperti maskara, hanya saja tidak berwarna alias bening. Primer bulu mata juga berfungsi menahan maskara agar tidak luntur dan merusak makeup mata Anda. Caranya pengaplikasiannya sangat mudah, Anda cukup mengoleskan primer pada bulu mata Anda secara merata dan tunggu sampai kering sebelum menggunakan maskara.
5. Hindari kebiasaan memompa maskara
Saat akan menggunakan maskara, sebaiknya Anda hindari kebiasaan memompa keluar-masuk sikat maskara ke dalam tabungnya. Karena cara tersebut hanya akan membuat udara dari luar semakin masuk ke dalam tabung sehingga merusak kualitas maskara Anda. Tak hanya itu, kontaminasi udara juga akan membuat maskara menjadi lebih cepat kering dan menggumpal ketika digunakan.
Untuk itu, cara yang paling tepat jika Anda ingin mengeluarkan produk maskara dari tabungnya adalah memutar perlahan brush maskara saat masih di dalam tabung. Setelah itu, lakukan gerakan melinggar untuk mengambil seberapa banyak produk yang Anda inginkan. Kemudian langsung aplikasikan dengan segera ke bulu mata dan tidak membiarkan tabungnya terbuka terlalu lama. (FIA)

Leave A Reply

Your email address will not be published.