SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

4 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Menggunakan Hijab

Apakah Anda masih melakukan kesalahan ini?

0 27
Mengenakan hijab merupakan salah satu kewajiban yang hukumnya wajib bagi  setiap wanita muslimah. Tak jauh berbeda dengan saat berpakaian, dalam berhijab, kenyamanan adalah hal penting yang harus diutamakan, agar Anda dapat menjalankan aktivitas dengan lancar.
Beberapa kebiasaan secara tidak sadar ternyata dapat menganggu rasa nyaman Anda ketika mengenakan hijab, berikut ini beberapa kesalahan yang harus Anda hindari saat mengenakan hijab.
  • Memakai ciput yang tidak menyerap keringat dan terlalu ketat
Inner hijab atau yang lebih dikenal dengan istilah ciput, memang bagus untuk membuat tampilan hijab lebih rapi dan menahan rambut Anda agar tidak berantakan atau keluar saat berhijab.
Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih ciput, pertama ialah perhatikan bahannya. Jangan pilih bahan ciput yang tidak menyerap keringat, sebab kulit kepala Anda akan lebih sulit bernafas sehingga Anda akan lebih mudah berkeringat, hal ini akan membuat rambut Anda menjadi lebih cepat berminyak.
Courtesy of Instagram @hautehijab

 

Selain itu, jangan mengenakan ciput yang terlalu ketat, ini dapat mengakibatkan kepala Anda terasa pusing saat mengenakannya. Pilih ciput yang terasa lebih longgar di kepala agar Anda merasa nyaman saat memakainya.
  • Memilih bahan hijab yang berat
Bahan hijab yang Anda gunakan setiap harinya sangat memengaruhi kenyamanan dalam beraktivitas. Dengan memilih bahan hijab yang berat, artinya bukan hanya berpengaruh terhadap bentuk wajah saja, namun juga akan mengurangi rasa nyaman Anda saat mengenakan hijab.
Kini banyak sekali beragam jenis bahan hijab yang ditawarkan di pasaran, bahan sifon, ceruti, dan katun dapat menjadi pilihan terbaik Anda saat memilih bahan hijab yang nyaman dikenakan dan tentunya mudah dibentuk.
Courtesy of Instagram @jadeclovershop
  • Mengenakan hijab saat rambut basah
Kebiasaan yang satu ini tentu pernah kita alami terlebih saat kondisi terburu-buru dan tidak sempat lagi untuk mengeringkan rambut. Dalam kondisi tersebut, biasanya rambut yang masih basah akan begitu saja kita ikat dan langsung mengenakan hijab. Alhasil, rambut Anda yang masih basah akan tertutup rapat oleh hijab sehingga lama-kelamaan akan menyebabkan kulit kepala berketombe bahkan menimbulkan bau yang tidak sedap, tentunya hal itu akan megurangi rasa nyaman Anda saat berhijab.
Untuk itu, sempatkan sedikit waktu untuk mengeringkan rambut Anda sebelum mengenakan hijab, atau Anda bisa coba mengeringkan rambut menggunakan hair dryer disaat Anda sedang terburu-buru.
Dok. Pixabay
  • Memilih model hijab yang kurang nyaman
Kini dengan banyaknya tutorial hijab yang ada di YouTube, menimbulkan keinginan untuk meniru model yang sama agar hijab yang Anda kenakan terlihat tak kalah stylish. Namun, terkadang demi mendapatkan tampilan hijab yang stylish, seringkali malah membuat kepala Anda terasa kaku dan sulit untuk bergerak bebas.
Sah-sah saja sebenarnya jika Anda ingin meniru suatu model hijab tertentu, tetapi ada baiknya sesuaikan dengan aktivitas Anda dan cari tutorial hijab yang lebih mudah diikuti serta pastikan Anda dapat bergerak dengan bebas. (FIA)

Leave A Reply

Your email address will not be published.