SCARF MEDIA
Modest Fashion, Beauty and Lifestyle Media

4 Kesalahan Saat Menggunakan Lipstik

Kesalahan yang bisa mengurangi tampilan Anda.

0 23

Menggunakan lipstik menjadi hal wajib bagi sebagian besar perempuan. Selain mempercantik, lipstik juga dapat menambah kepercayaan diri bagi perempuan. Namun, menggunakan lipstik dengan cara yang salah justru akan mengganggu penampilan Anda bahkan membuat bibir tidak sehat seperti bibir menjadi kering, pecah-pecah, dan warna bibir menghitam.

Untuk menjaga agar bibir tetap sehat walaupun sering menggunakan lipstik Anda harus mencoba beberapa tips berikut:

1. Jangan langsung gunakan lipstik pada bibir yang kering

Jika lipstik langsung diaplikasikan pada kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah maka akan semakin memperburuk kondisi bibir. Selain itu, warna lipstik pada bibir pun menjadi tidak rata sehingga mengurangi penampilan Anda.

Dok. Fresh

Jika bibir Anda pecah-pecah maka bersihkan dahulu permukaan bibir Anda dari kulit bibir yang mengelupas dengan menggunakan tisu yang sudah dibasahi air atau dengan handuk basah lalu gosok permukaan bibir Anda dengan perlahan hingga kulit kering pada bibir menghilang. Setelah itu, gunakan pelembap bibir (lip balm) lalu pakailah lipstik Anda.

2. Langsung menimpa lipstik tanpa dibersihkan terlebih dahulu

Saat sudah seharian menggunakan lipstik, warna lipstik akan memudar seiring berjalannya waktu apalagi jika Anda makan atau minum. Jika warna lipstik sudah memudar, biasanya perempuan akan langsung menggunakan lipstik lagi tanpa membersihkan bibir dari sisa lipstik sebelumnya. Hal itu sangat salah!

Baiknya sebelum mengaplikasikan ulang lipstik, Anda harus membersihkan bibir terlebih dahulu agar bibir Anda tidak kering. Selain itu warna lipstik nantinya akan lebih matte sehingga penampilan Anda akan sempurna.

3. Menggunakan lipstik tanpa lip balm

Mengaplikasikan lipstik secara langsung pada permukaan bibir juga merupakan suatu kesalahan fatal. Karena hal itu dapat menyebabkan pigmen lipstik masuk ke dalam sel kulit dan menyebabkan bibir menghitam. Oleh karena itu, sebelum menggunakan lipstik Anda harus menggunakan lip balm atau lip butter pada permukaan bibir Anda.

Dok. Sephora

Selain itu, untuk memiliki bibir yang sehat Anda juga harus rutin melakukan perawatan bibir dengan cara alami, yaitu menggunakan scrub dari bahan gula untuk digosokkan perlahan pada bibir atau menggunakan masker dan produk perawatan bibir lainnya yang banyak beredar saat ini.

4. Tidak membersihkan lipstik sebelum tidur

Kesalahan selanjutnya adalah tidak membersihkan lipstik sebelum tidur. Hal ini berbahaya karena lipstik mengandung bahan-bahan kimia yang akan berdampak buruk bagi penampilan bibir. Lipstik yang tidak dibersihkan akan menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah, warna bibir menjadi gelap, permukaan bibir menjadi kasar, hingga menyebabkan alergi pada bibir.

Dok. Laneige

 

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, pastikan untuk membersihkan bibir sebelum Anda pergi beristirahat. Gunakan makeup remover untuk membersihkan bibir Anda dari bekas lipstik yang menempel dan pastikan permukaan bibir Anda benar-benar bersih sebelum beristirahat. (NP)

Leave A Reply

Your email address will not be published.